Sukses

Sebagian KRL Kembali Operasi Meski Kecepatan Dibatasi Imbas Banjir

Stasiun Tanah Abang kembali berfungsi normal melayani perjalanan KA baik dari arah Bogor, Jatinegara, Rangkasbitung/Serpong/Parung Panjang dan sebaliknya.

Liputan6.com, Jakarta PT KAI Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan beberapa perjalanan kereta api (KA) yang sempet terhenti karena terdampak cuaca buruk dan menyebabkan sejumlah prasarana jalur rel terimbas banjir.

"Pukul 13.15 WIB genangan air yang sempat menganggu fungsi prasarana KA di wilayah Stasiun Tanah Abang telah surut," jelas Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Rabu (1/1/2020).

Stasiun Tanah Abang kembali berfungsi normal melayani perjalanan KA baik dari arah Bogor, Jatinegara, Rangkasbitung/Serpong/Parung Panjang dan sebaliknya.

Sementara untuk jalur Tambun-Bekasi yang sempat diberlakukan pembatasan kecepatan dampak genangan air juga telah kembali dapat dilintasi dengan kecepatan normal.

Adapun berikut sejumlah titik jalur lintas KA di area Daop 1 Jakarta yang masih terimbas banjir :

1. KM 9+900 lintas antara Rawa Buaya - Batu Ceper, ketinggian air masih mencapai 19 cm diatas Kop Rel. Kondisi tersebut berdampak pada perjalanan KA Bandara dan KRL Relasi Tangerang - Duri, belum dapat dilalui Kereta Api. Sejumlah perjalanan KRL dan KA Bandara dibatalkan.

2. KM 17+4 lintas antara Pondok Ranji - Kebayoran masih tergenang air. Namun pada pukul 11.15 jalur Hulu bisa dilalui dengan batas kecepatan 50/km. Sedangkan jalur hilir dilalui dengan kecepatan maksimal 40/km.

3. km 41+5/6 Citayam - Bojong Gede Pada pukul 10.20 WIB kecepatan KA dilokasi tersebut dibatasi 40 km/jam dampak genangan air di sekitar jalur rel.

Atas kondisi sejumlah prasarana yang terdampak banjir tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api, PT KAI Daop 1 melakukan sejumlah langkah berupa perubahan pola operasi hingga pembatalan perjalanan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Himbauan

 

PT KAI Daop 1 tetap menghimbau agar para pengguna jasa KA Jarak Jauh dapat mengatur keberangkatannya lebih awal menuju stasiun agar tidak tertinggal kereta mengingat sejumlah ruas jalan raya juga terdapat titik banjir.

Hingga kini seluruh tim PT KAI Daop 1 Jakarta terus melakukan pemantauan kondisi dilintas untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api di sejumlah area jalur rel yang terdampak banjir.

Informasi perjalanan kereta api juga dapat diakses melalui: - KAI Access- website resmi KAI: kai.id- Contact Center 121: (021)121- Layanan pelanggan: cs@kai.id- Sosial media: @keretaapikita (Twitter dan IG), Kereta Api Kita (Facebook) @KAI121 (Twitter), KAI121_(IG), KAI121 (Facebook)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.