Runway Bandara Halim Perdanakusuma Banjir, 10 Pesawat Mendarat di Soekarno Hatta

Oleh Pramita Tristiawati pada 01 Jan 2020, 12:14 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 12:13 WIB
Tarif Batas Atas Tiket Pesawat
 
Liputan6.com, Jakarta
Setidaknya pendaratan 10 pesawat dialihkan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Soekarno Hatta, Cengkareng. Ini akibat landasan pacu Bandara Halim yang terkena banjir.
 
Hingga kini, 5 penerbangan sudah mendarat di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, dari jadwal awal di Bandara Halim Perdanakusuma.
 
"Sampai tadi pagi atau sekitar jam 10, sudah ada 5 maskapai yang mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta," tutur Febri Toga Simatupang, Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II KCU Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rabu (1/1/2020).
 
 
Menurut rencana atau kordinasi awal dengan Bandara Halim Perdanakusuma, kata dia, setidaknya ada 10 penerbangan yang akan mendarat di Bandara Soetta. Namun, jumlah penerbangan bisa saja bertambah.
 
"Tapi kalau siang landasannya sudah bisa dilewati pesawat, maka divert tidak akan dilakukan lagi. Kami terus berkordinasi dengan Halim Perdanakusuma untuk langkah selanjutnya," ujar Febri.
 
Adapun lima penerbangan yang sudah berhasil mendarat tersebut adalah maskapai Citilink dan Batik Air.  
 
"Sejauh ini terdapat 5 flight yang divert ke Soekarno-Hatta. Tiga Citilink dan 2 Batik Air," kata Chief Of Officer in Charge Bandara Soetta, A. Robiyanto.
 
Robiyanto menyebut, penutupan sementara Bandara Halimperdanakusuma diperpanjang hingga pukul 11.00 WIB. Kemungkinan penerbangan yang divert ke Bandara Soetta dapat bertambah. 
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh, penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma yang divert ke Bandara Soetta antara lain Citilink QG-111 dari Yogyakarta, Citilink QG-171 dari Surabaya,  Batik Air ID-7542 dari Yogyakarta, Batik Air ID-7204 dari Balikpapan, dan Citilink QG-193 dari Denpasar. 
2 dari 2 halaman

Penerbangan Bandara Halim Dialihkan ke Soekarno Hatta Akibat Banjir

Banjir di Bandara Halim Perdanakusuma. Foto: istimewa dari berbagai sumber
Banjir di Bandara Halim Perdanakusuma. Foto: istimewa dari berbagai sumber

Penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Pengalihan penerbangan imbas dari kondisi banjir yang terjadi di Bandara tersebut.

Ini diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti. "Sebelumnya ada yang dialihkan 5 flight," ujar dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (1/1/2020).

 

 
 

 

Dia mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta pada Rabu, 1 Januari 2020 mengakibatkan aktivitas penerbangan di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma lumpuh.

Untuk alasan keamanan dan keselamatan, aktivitas penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

Sejumlah penerbangan dengan keberangkatan dari dan dengan tujuan Bandar Udara Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Untuk alasan keamanan dan keselamatan, aktivitas di Halim Perdanakusuma kita tutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan. Semua penerbangan dari Halim dialihkan ke Soetta (CGK),” ungkap Polana.

Lanjutkan Membaca ↓