Sukses

Harga Cabai Tembus Rp 50 Ribu per Kg di Akhir Tahun 2019

Sejumlah harga bahan pangan mulai naik di akhir tahun 2019

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Baru Bekasi terus mengalami peningkatan di penutupan akhir tahun 2019. Peningkatan ini terjadi pada harga cabai yang meroket mencapai Rp 50 ribu per kilogram (kg).

Salah satu pedagang sayuran, Ibu Enok, mengungkapkan kenaikan cabai terjadi terutama pada rawit merah. Di mana saat ini, harga jual yang ditawarkan di tempatnya menyentuh Rp 50 ribu per kg dari harga normal sebelumnya yakni Rp 30.000 per kg.

"Lagi naik. Tahun baru wajar. Sejak Natal juga sudah naik," katanya saat berbincang dengan merdeka.com, saat ditemui di lokasi, Selasa (31/12/2019).

Kenaikan juga terjadi pada jenis cabai merah keriting yang tembus mencapai Rp 40 ribu per kg atau naik Rp 10 ribu dari harga normal sebelumnya yakni dikisaran Rp 30 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai rawit hijau tembus mencapai Rp 30 ribu per kg.

"Bawang merah juga naik dari Rp 25 ribu per kg sekarang Rp 40 ribu per kg," sebutnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pedagang Lainnya

Berbeda dengan Ibu Enok, pedagang sayur lainnya bernama Rohim, justru menjual cabai rawit merah dikisaran Rp 40 ribu per kg. Meski diakui ada kenaikan sedikit, namun kenaikan tak separah pada saat sebelum Natal kemarin.

Untuk cabai rawit keriting di tempatnya sendiri saat ini dipatok sebesar Rp 35.000 per kg. Sementara untum jenis cabai rawit hijau dijual sebesar Rp 30 ribu per kg. Sedangkan lainnya, seperti bawang merah dipatok sebesar Rp 30 ribu per kg.

Sementara bila melansir Informasi Pangan Jakarta hari ini, untuk rata-rata harga jual pada cabai di pasar tradisional Jakarta rawit merah berada di kisaran Rp 47.384 per kg, untuk cabai merah keriting Rp 45.82p per kg, dan cabai rawit hijau berada di Rp 34.230 per kg.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.