Ingin Malam Tahun Baru di Ancol, Simak Info Sentral Parkir dan Kapasitasnya

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 31 Des 2019, 12:45 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 12:45 WIB
Pengunjung di Sea World Ancol

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Ancol akan memberlakukan sistem sentral parkir mulai 31 Desember 2019 pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari 2020 pukul 23.59 WIB.

Pada periode ini, semua kendaraan yang masuk baik motor dan mobil akan diarahkan untuk mengisi kontong parkir yang tersedia.

Berdasarkan informasi yang diberikan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Selasa (31/12/2019), kapasitas kantong parkir di Kawasan Ancol adalah 12.300 untuk mobil dan 19.760 untuk motor. Selain itu, juga telah disiapkan kantong parkir tambahan mobil dengan kapasitas hingga 400 mobil.

Mobilisasi utama pengunjung dapat menaiki Bus Wara Wiri. Terdapat total 210 bus yang terdiri dari bus besar, bus sedang serta mobil khusus difabel akan melayani pengunjung selama periode sentral parkir berlaku. Setiap bus akan dilengkapi dengan guide yang akan memberi informasi tentang rute bus dan halte yang akan dikunjungi.

 

Ancol pada tahun ini juga berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Trans Jakarta, menghadirkan terobosan skema arus lalu lintas dan sarana parkir baru untuk mendukung terlaksananya perayaan tahun baru di Ancol.

Bagi masyarakat yang ingin menghabiskan malam tahun baru di Ancol tapi tidak mau memarkir kendaraannya di dalam area Ancol, khusus tanggal 31 Desember dan 1 Januari pengunjung bisa memarkir kendaraannya di area parkir ex-Asian Games Kemayoran. Dari sana, pengunjung dapat naik bus Transjakarta yang khusus mengantar pulang pergi Ancol–area parkir kemayoran.

Adapun pada puncak malam pergantian tahun nanti, sepanjang pantai Ancol akan dimeriahkan dengan pesta kembang api. Terdapat 5 titik kembang api yaitu Pantai Festival, Danau Monumen, Putri Duyung Ancol, Pantai Carnaval, dan yang terbesar yaitu Jakarta Musical Fireworks di Pantai Lagoon.

2 dari 4 halaman

Malam Tahun Baru, Ancol Sediakan Lahan Parkir di Kemayoran

Ancol
Kepala Dinas Perhub DKI Syafrin Liputo dalam Press Conference di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (27/12/2019).

Taman Impian Jaya Ancol beserta Dishub DKI Jakarta dan Transjakarta akan melakukan penambahan sentral parkir Kemayoran pada malam tahun baru.

"Kita melakukan kolaborasi dalam rangka menyediakan buffer zone seluruh kendaraan yang masuk ke Ancol," ujar Kepala Dinas Perhub DKI Syafrin Liputo dalam Press Conference di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (27/12/2019).

Hasil kolaborasi ini akan menghadirkan terobosan skema arus lalu lintas dan sarana parkir baru untuk mendukung terlaksananya perayaan tahun baru di Ancol.

Untuk itu, bagi masyarakat yang berencana menghabiskan malam pergantian tahun di Ancol, manajemen Ancol akan memberlakukan sistem sentral parkir ini mulai 31 Desember pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari pukul 23.59 WIB.

Pada tanggal itu, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di Rusunami Bandar Kemayoran (C3) - Ancol Timur. Selain itu, pengunjung dapat pula memarkirkan kendaraan di area parkir ex-Asian Games Kemayoran.

Dari sana pengunjung dapat naik bus Transjakarta yang khusus mengantarkan pulang pergi Ancol - area parkir Kemayoran.

Selain itu, pada malam tahun baru akan dilakukan sterilisasi di sepanjang jalan menuju Karnaval yang akan menjadi tempat acara utama diadakan. Hanya bus wara-wiri, kereta sato-sato, mobil difable, Ambulance, PMK, Petugas patroli, dan truk sampah.

Setiap bus wara-wiri akan dilengkapi dengan tour guide atau pemandu yang akan memberikan informasi tentang rute bus serta halte yang akan dikunjungi.

3 dari 4 halaman

Tingkatkan Pelayanan

20161109-Pasar-Seni-Ancol,-Eksis-Dalam-Kesunyian-HF7
Beberapa payung menghiasi Pasar Seni Ancol, Jakarta, Rabu (9/11). Hingga kini, Pasar Seni Ancol masih menjadi tempat nongkrongnya para seniman tetap eksis walaupun harus teronggok bisu. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Agus Tbk Sudarno mengatakan, kolaborasi ini adalah salah satu bentuk perbaikan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Langkah awal yang insyaAllah dapat meningkatkan pelayanan. Area pantai timur dilakukan perbaikan. Bundaran timur sampai karnaval dilakukan inovasi," kata Agus.

Selain itu, fasilitas lain turut ditambahkan seperti ambulance, toilet baik existing maupun kontainer, mushola, serta terdapat sembilan pos pengamanan yang tersebar di seluruh area Ancol Taman Impian.

Reporter: Winda Nelfira

Sumber: Merdeka.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓