Sukses

Ingin Bisnis Kian Moncer di Tahun Baru, Perhatikan Hal Berikut

Jangan menunggu lama untuk menggerakkan roda bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 sudah berakhir. Tahun baru bisa menjadi awal baru. Salah satunya soal bisnis. Bagi Anda yang ingin memiliki atau mengembangkan bisnis di tahun depan perlu mempersiapkan diri dengan baik. Jangan menunggu lama untuk menggerakkan roda bisnis.

Tantang diri Anda untuk mewujudkan keinginan memulai suatu langkah bisnis. Jika Anda belum memulai persiapan untuk tahun 2020, jangan khawatir, belum terlambat untuk memulai hari ini.

Berikut adalah tiga cara memulai bisnis, dilansir dari laman Enterpreneur.com, Kamis (2/1/2020):

1. Anggaran untuk pelatihan

Untuk melihat bisnis bertumbuh, maka  Anda perlu melakukan pelatihan berinvestasi tak hanya bagi diri tetapi juga tim kerja.

Pelatihan berkualitas tinggi akan membantu mencapai keberhasilan.Ikuti perkembangan teknologi, pengetahuan soal peraturan, perubahan dalam produk atau layanan dan branding. Untuk mendapatkan hal itu semua, Anda harus mempertimbangkan anggaran yang tepat.

Karena setiap situasi bisnis itu berbeda, jadi penting untuk menilai kebutuhan Anda secara akurat. Menurut eFront, organisasi menengah atas sering membagikan 2 persen hingga 5 persen dari anggaran gajinya untuk pelatihan.

Jika Anda startup yang kekurangan uang, Anda bisa pertimbangkan opsi pelatihan kelompok, yang bisa lebih murah. Selain itu, gunakan pakar in-house Anda untuk memberikan pelatihan melalui lokakarya kelompok triwulan atau program bimbingan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Tetapkan tujuan nyata

Jangan hanya sebuah resolusi semata, tapi Anda perlu menetapkan tujuan konkret, tujuan di mana Anda dan tim dapat bertanggung jawab.

Cara terbaik untuk mencapai hal itu adalah menjadikan tujuan Anda “SMART," yakni singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time-Bound (Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Realistis, dan Berbatas Waktu).

Ini berarti setiap tujuan realistis Anda perlu dipertimbangkan secara rinci. Hal apa yang harus dicapai, pada titik waktu apa, menggunakan metode apa, dan bagaimana Anda dapat membuktikan bahwa Anda telah mencapainya.

3. Perhatikan data

Dunia bisnis saat ini dijalankan berdasarkan data. Jadi penting untuk memastikan bahwa data Anda benar dan dikelola dengan baik.

Menurut Presiden dan CEO Enertia Software, Vince Dawkins, mengatakan bahwa data harus akurat dan terstruktur dengan jelas, sebelum Anda bisa menganalisisnya secara efektif.

Data buruk membuat alat pembelajaran mesin dan investasi personel tidak berguna, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kesalahan yang membahayakan bisnis Anda.

Jadi, mulailah tahun 2020 dengan memperhatikan kualitas manajemen data, dan mulai menentukam data mana saja yang penting untuk Anda prioritaskan dalam bisnis. Serta pastikan database terkait tidak memiliki informasi duplikat atau tidak akurat.

Oleh karena itu, manfaatkan libur akhir tahun 2019, sebagai waktu penting untuk mempersiapkan diri memulai bisnis di tahun 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.