Sukses

Yuk, Mulai Menabung demi Masa Depan di Tahun Baru

Menyimpan uang bukanlah topik yang paling seksi, tapi itu kebiasaan yang cukup penting untuk dibahas.

Liputan6.com, Jakarta Ingin menghemat uang tetapi tidak tahu harus mulai dari mana?. Memang, menyimpan uang bukanlah topik yang paling seksi, tapi itu kebiasaan yang cukup penting untuk dibahas.

Apalagi jika Anda memiliki acara besar seperti liburan atau pernikahan. Memulai membangun keluarga atau bisnis? atau hanya mendambakan keamanan finansial?

Jelas, lebih mudah bagi mereka yang memiliki gaji tinggi untuk menyimpannya pada akhir bulan. Tetapi bagi yang bergaji lebih kecil, tetap ada harapan.

Anda hanya perlu menyimpan lebih sedikit uang dan menabung lebih lama. Nah, di tahun baru ini, simak yuk tips agar bisa menyimpan uang, seperti mengutip laman Huffpost ini.

1. Cari tahu berapa banyak yang mampu ditabung

Buat anggaran dengan melihat pemasukan dan pengeluaran. Ini merupakan saran dari Andrew Johnson, pakar uang di Layanan Money and Pensions Service.

Cari tahu berapa banyak uang yang masuk ke akun Anda setiap bulan (melalui gaji atau faktur yang dibayar jika Anda freelance), dan berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk hal-hal penting seperti pembayaran sewa atau hipotek, tagihan rumah tangga, dan debit langsung lainnya.

Pada saat yang sama, ada baiknya melakukan sedikit audit biaya rumah tangga. Dengan melihat apakah Anda dapat mengurangi pengeluaran di beberapa hal dan menghemat untuk melihat perbedaannya.

2. Bayar utang 

"Mungkin akan lebih bijaksana jika mempertimbangkan untuk menghapus utang atau pinjaman yang Anda miliki sebelum mulai menabung," saran Johnson.

Ini karena bunga atas pembayaran utang Anda cenderung melebihi bunga apa pun yang akan Anda peroleh dari tabungan Anda. Johnson mengatakan ini lebih tentang memprioritaskan melunasi utang seperti kartu kredit, atau pinjaman pribadi dari bank sebelum menabung

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tetapkan tujuan dengan perhitungan matematis

Apa pun yang Anda simpan, pastikan Anda menetapkan tujuan. "Orang yang memiliki tujuan dalam pikiran cenderung menghemat uang lebih cepat daripada mereka yang tidak memiliki tujuan," kata Johnson. "Lalu, cari tahu berapa banyak yang harus Anda tabung setiap bulan untuk mencapai tujuan ini."

4. Pertimbangkan untuk membuka dua akun

Anda harus tahu berapa banyak yang ingin Anda keluarkan dan berapa banyak yang benar-benar mampu Anda keluarkan setiap bulan. Sekarang Anda perlu menemukan rekening tabungan untuk memasukkannya - dan mencari tahu berapa banyak yang ingin Anda buka.

Johnson mendesak orang-orang untuk menyiapkan dana tabungan darurat untuk menutupi biaya tak terduga seperti perbaikan mobil atau rumah, atau cuti sakit yang tak terduga.

5. Jadwalkan tabungan yang ditarik langsung usai gajian

“Menabung pada akhirnya adalah kebiasaan yang baik. Dan cara terbaik untuk menabung adalah dengan mengirim sebagian dari penghasilan Anda ke rekening tabungan segera setelah masuk di rekening Anda,” kata Helen Saxon, editor perbankan ahli penghematan uang.

Jika Anda segera mentransfer tabungan dari akun saat ini, kemudian bekerja dengan anggaran yang berbeda untuk sisa bulan atau minggu, yang diharapkan akan menghentikan dari keharusan mengambil tabungan tersebut di akhir bulan. (kita semua pernah ke sana).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini