Sambungan Jembatan Telah Diperbaiki, Tol Layang Japek Kini Aman Dilalui

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 30 Des 2019, 21:10 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 16:15 WIB
Melihat Tol Layang Jakarta-Cikampek dari Udara

Liputan6.com, Jakarta - Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II atau Jakarta-Cikampek II Elevated telah dibuka sejak Minggu (15/12/2019) lalu. Meski sudah dibuka, tol ini belum bisa dikatakan mulus 100 persen, lantaran adanya sambungan jembatan yang belum rapi.

Alhasil, banyak pengguna jalan tol yang mengeluhkan ketidaknyaman saat melewati sambungan jembatan (expansion joint) di Km 12, atau tepatnya di Km 11+800 arah Jakarta.

Melanjuti keluhan tersebut, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku anak usaha Jasa Marga yang mengoperasikan Jalan Tol Layang Japek langsung mengecek kondisi lapangan.

Corporate & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyampaikan, pihaknya telah menemukan tempat yang diduga tidak nyaman sesuai dengan pengguna jalan tol layang, dan langsung melakukan perbaikan.

"Pada Minggu malam (29/12/2019) pukul 20.00 WIB, perbaikan selesai dilakukan dan saat ini lokasi tersebut makin nyaman untuk dilewati pengguna jalan," ujar Heru, dikutip dari sebuah pernyataan tertulis, Selasa (31/12/2019).

 

2 of 3

551 Titik

Beroperasi, Tol Layang Japek II Sudah Dilalui Kendaraan
Sejumlah kendaraan roda empat melintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (16/12/2019). Tol Layang Japek II diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 12 Desember 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PT JJC disebutnya telah memberikan perhatian kepada 551 titik expansion joint yang ada di jalan tol layang sepanjang 38 km tersebut.

"Pada dasarnya kami mengakui di beberapa titik tertentu, mungkin saja ada ketidaknyamanan, sehingga kami terus menerus melakukan perbaikan dan penyempurnaan untuk kenyamanan pengguna jalan," ungkap Heru.

"Meskipun demikian, dari sisi keamanan pengguna jalan, kami memastikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated aman dilalui," dia menambahkan.

Heru mengutarakan, pihaknya juga telah menambah layanan darurat di mobile customer service (layanan jalan tol) yang saat ini dilengkapi dengan layanan BBM dan air radiator darurat, serta penambahan jumlah layanan derek yang sebelumnya empat unit menjadi enam unit.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓