Sukses

Nikmati Malam Tahun Baru di Anyer, Intip Fasilitas yang Ditawarkan

Banten memiliki sejumlah objek wisata seperti Anyer, pantai Sawarna, Goa Lalai, Pantai Ciantir, Tanjung Layar hingga perkebunan Teh Cikuya.

Liputan6.com, Jakarta - Wisatawan yang akan berwisata atau menghabiskan malam tahun barunya, bisa memilih wilayah Kabupaten Lebak, terutama wilayah Bayah. Disana, ada alternatif wisata selain Sawarna, seperti Goa Lalai, Pantai Ciantir, Tanjung Layar hingga perkebunan Teh Cikuya.

Untuk sampai ke lokasi tersebut, bisa keluar Gerbang Tol (GT) Serang Timur, mengambil jurusan Petir, kemudian Warunggunung, Malingping, Gunung Kencana dan sampai lah ke lokasi wisata di Sawarna.

Tak perlu khawatir kondisi jalan yang sudah di beton. Namun memang masih minim Penerangan Jalan Umum (PJU) ketika berkendara malam hari. Jangan lupa, pastikan bahan bakar kendaraan terisi penuh, karena akan sulit menemukan SPBU.

Tak perlu khawatir, penginapan pun mudah di dapati, seperti ada yang namanya Little Hula-hula, harganya mulai dari Rp 400 ribu sampai Rp 700 ribu. Kemudian untuk penginapan yang lebih tinggi lagi, ada yang namanya Andrew Homestay, harganya mulai dari Rp 400 ribu sampai Rp 1 juta.

"Dari penginapan Insyaallah dekat pantai, paling (jauh) jarak 200 meteran. Fasilitasnya bermacam-macam, ada AC, TV, hingga double bad," kata Lili Suhaeli, Sekretaris Desa (Sekdes) Bayah, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Senin (30/12/2019).

Sedangkan bagi yang tak ingin bepergian jauh, namun tetap ingin menikmati malam tahun baru disekitar Pantai Anyer, bisa mendatangi Alissa Resort yang tak jauh dari Pasar Anyer dan sebelum Mercusuar Anyer, posisinya ada disebelah kanan dan menghadap langsung ke pantai.

Pengelola hotel Alissa Resort akan mengadakan pesta kembang api bagi penghuni hotel. Selain itu, karena lokasinya berada di pantai, pihak manajemen akan mengadakan pesta tahun baru dengan tema sport uniform atau berseragam olahraga laut.

Khusus malam tahun baru, pihaknya mematok harga mulai dari Rp 780 ribu sampai Rp 4.550.000 untuk kamar tertingginya dan bisa menikmati berbagai fasilitas hotel tersebut.

"Uniformnya menggunakan baju sport, begitu juga areanya. Kami siapkan area basket, mini golf, sepeda, alat snorkling, futsal, takraw, pokok nya yang berhubungan dengan olah raga," kata Titi, pengelola hotel Alissa Resort, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Senin (30/12/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Wisata Anyer dan Carita Jelang Malam Tahun Baru 2020

Kawasan wisata Pantai Anyer mulai bangkit dari tragedi tsunami Selat Sunda satu tahun lalu, tepatnya pada 22 Desember 2018. Ketua Balawista Kabupaten Serang Dede Sulaiman menyatakan, wisatawan mulai berdatangan ke sejumlah pantai yang ada di pesisir Kabupaten Serang, Banten.

"Kawasan wisata Anyer aman untuk dikunjungi. Balawista Serang siap mengamankan kawasan wisata Anyer agar wisatawan merasa aman dan nyaman," kata Dede Sulaiman, Minggu (29/12/2019).

Pihak kepolisian patroli di lokasi wisata di Banten, baik di Pantai Anyer, Carita, hingga Sawarna yang ada di Kabupaten Lebak. Setidaknya, 500 personel siap berpatroli menjaga keamanan lokasi wisata di Banten saat malam pergantian tahun baru nanti, terutama Anyer dan sekitatnya.

Fokus pengamanan saat malam pergantian tahun baru yakni penjagaan orang, barang dan lokasi kegiatan. Sehingga diharapkan tidak terjadi kecelakaan laut, seperti orang tenggelam hingga kehilangan barang-batang berharga milik wisatawan.

"Kita akan fokus pengamanan pada objek wisata, baik di Anyer maupun di Carita, dan beberapa lokasi lainnya yang akan dikunjungi masyarakat," kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardy di Pos terpadu pengamanan tahun baru di Mercusuar Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Minggu.

Sedangkan rekayasa lalu lintas akan diberlakukan oleh Polres Cilegon, jika terjadi kepadatan. Sistem one way atau satu arah akan berlaku situasional saat libur tahun baru.

Jika kendaraan banyak yang mengarah dari Kota Cilegon ke wilayah Anyer, maka akan di utamakan kendaraan yang akan masuk ke Anyer. Kemudian kendaraan yang akan keluar Anyer menuju Kota Cilegon, akan disekat di Hotel Mandalika. Begitupun sebaliknya.

"Satu arah akan diberlakukan situasional. Tergantung kepadatan lalu lintas atau kendaraan mengarah ke mana. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi arus lalu lintas yang stagnan atau macet total, yang penting roda kendaraan tetap berputar," kata Kasatlantas Polres Cilegon, Ali Rahman, ditemui di Pasar Anyer, Kabupaten Serang, Banten, saat mengatur arus lalu lintas, Minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.