Sukses

Pengamat: Produksi Barang di Dalam Negeri Harus Perhatikan Kandungan Impor

Meskipun produk tersebut dibuat untuk dieskpor atau dikonsumsi sendiri, harus tetap memperhatikan kandungan impornya.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Ekonomi dan Politik Fachry Ali menyatakan, secara realistis, siklus perekonomian Indonesia berkerja saling berkaitan, baik ekspor, impor maupun konsumsi domestik.

Namun, dalam produksi barang dalam negeri, meskipun produk tersebut dibuat untuk dieskpor atau dikonsumsi sendiri, harus tetap memperhatikan kandungan impornya.

"Secara teknikal, benar bahwa kita produksi barang-barang yang diorientasikan kepada ekspor. Tiap ada produksi barang, yang harus kita perhatikan adalah kandungan impornya, berapa," ujar Fachry di Jakarta, Minggu (29/12/2019).

 

Fachry mencontohkan, dalam produksi kendaraan roda empat, onderdilnya masih banyak yang impor. Dalam sektor energi, Pertamina juga melakukan belanja dolar hingga USD 1 juta atau Rp 1,5 triliun per hari. Artinya, jumlah BBM yang diimpor juga sangat besar.

"Itu artinya menghabiskan devisa. Nah, darimana kita bisa peroleh devisa? Ya, dari ekspor. Jadi harus jalan semuanya," imbuhnya.

Terlebih, Indonesia dalam masa kepemimpinan Jokowi menjadi negara fiskal. Maksudnya, konsentrasi negara didominasi pada pembangunan infrastruktur.

"Sehingga kebijakan fiskal harus dibuat sedemikian rupa," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tak Ingin Pasar Indonesia Dibanjiri Produk Impor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan UMKM Export BRIlianPreneur 2019 di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019). Dalam kesempatan itu Jokowi yakin bahwa produk lokal mampu bersaing dan bahkan lebih unggul dibanding dengan produk dari luar negeri.

"Kita tahu pasar domestik kita besar dan saya tidak mau pasar kita dibanjiri oleh produk impor. Enggak mau," kata Jokowi di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Tetapi kata dia bukan hal mudah untuk meningkatkan hal tersebut. Sebab ada ekonomi terbuka dan tidak dapat dipungkiri. Oleh karena itu, Jokowi ingin agar para pengusaha di Indonesia bersaing dengan produk asing. 

"Caranya hanya satu, bagaimana kita bisa berkompetisi dengan produk impor itu. Entah dari sisi harga disain, kemasan, harus menang," ungkap Jokowi.

Artinya kata dia, jangan sampai meninggalkan pasar domestik dan terlalu konsentrasi ke ekspor sehingga dalam negeri diserbu barang luar.

"Pasar dalam negeri dikuasai, namun setelah itu masuk ke pasar global untuk naikkan devisa," ungkap Jokowi.

Dia menjelaskan kontribusi ekspor masih didominasi pengusaha-pengusaha besar. Tetapi Indonesia tidak boleh berkecil hati. Sebab dia yakin usaha kecil atau umkm akan go internasional.

"Tapi melihat produk yang dipamerkan saya optimistis tidak lama lagi barang ini akan banjir pasar ekspor kalau kita konsolidasikan pasar dengan baik dan standar produk juga dibangun dengan baik sehingga betul-betul kita kampu bersaing dengan negara lain," ungkap Jokowi.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.