Sukses

4 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Miliarder Dunia Sepanjang 2019

Sepanjang 2019, sebagian dari para miliarder berbagi berbagai pelajaran hidup tentang bagaimana ia mencapai kesuksesannya.

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini, hanya ada sekitar 2.604 orang berstatus miliarder. Jumlah itu setara hanya 0,0002 persen dari seluruh populasi di planet ini.

Fakta yang lebih mencengangkan, lebih dari 67 persen miliarder tersebut berhasil mencapai statusnya lantaran usaha sendiri. Sepanjang 2019, sebagian dari para miliarder berbagi berbagai pelajaran hidup tentang bagaimana ia mencapai kesuksesannya.

Melansir laman CNBC, Minggu (28/12/2019), berikut lima pelajaran yang bisa diambil dari para miliarder terkaya dunia sepanjang 2019:

1. Warren Buffett

Pelajaran: Berinvestasilah pada diri sendiri

Buffett mengatakan investasi terbaik yang bisa Anda lakukan sama sekali tidak ada hubungannya dengan uang. Menurutnya, sejauh ini, investasi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah investasi pada diri sendiri.

Buffett mengatakan, pelajaran pertama untuk berkomunikasi lebih baik baik melalui tulisan atau secara langsung adalah dengan meningkatkan kualitas diri Anda sendiri. Tak hanya cukup ilmu, Anda juga harus bisa menyampaikan gagasan Anda dengan baik.

2. Jeff Bezos

Pelajaran: Ubah cara pikir Anda

Bezos mulai membangun perusahaannya sejak 1994. Kini ia memiliki harta lebih dari USD 111 miliar. Bezos mengatakan, dirinya telah belajar dari berbagai pengalaman, bahwa sangat penting untuk membuka diri dan bersedia berubah pikiran.

Faktanya, Bezos mengatakan, orang-orang cenderung bekerja keras untuk mengenali apa yang mereka yakini. Tapi mereka harus senantiasa berusaha mencari bukti untuk menemukan apa yang benar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bill Gates

 

Pelajaran: Kelilingi diri Anda dengan orang yang tepat

Gates mengatakan, dia menemukan cara untuk menahan egonya sejak menjadi miliarder di usia 31 tahun. Gates tetap menjadi sosok yang rendah hati dengan melakukan hal normal seperti cuci piring atau mengantar anak ke sekolah.

Dia juga membiarkan dirinya dikelilingi orang-orang yang bisa menahan egonya seperti sang istri dan sahabat baiknya Warren Buffett. Hingga kini, lantaran ia dikelilingi orang yang tepat, dia merasa selalu bisa bersikap rendah hati.

4. Jack Ma

Pelajaran: Siapa saja bisa sukses asal kerja keras

Pendiri Alibaba, Jack Ma, yakin siapapun bisa sesukses dirinya. Bagaimana tidak, Ma pernah ditolak 30 perusahaan sebelum akhirnya menjadi guru bahasa Inggris. Baru kemudian pada 1995 ia berkenalan dengan internet dan muncul gagasan untuk memulai situs e-commerce di China, tanpa kemampuan dan uang.

Kini Jack Ma merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan harta senilai USD 46 miliar. Dari situ ia yakin bahwa siapapun bisa sukses selama dirinya mau bekerja keras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

Video Terkini