Perjalanan KA Terlambat 2 Jam, Stasiun Gambir Layaknya Pasar

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 27 Des 2019, 23:37 WIB
Diperbarui 29 Des 2019, 09:14 WIB
Kondisi Stasiun Gambir Jumat (27/12/2018) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun Gambir pada Jumat malam (27/12/2019) tak seperti musim libur tahun baru seperti biasanya. Pengumuman keberangkatan dan kedatangan kereta api yang biasa digaungkan, kini bertambah informasinya yang disampaikan, yaitu permintaan maaf.

Pengumuman permintaan maaf ini karena adanya keterlambatan kedatangan dan keberangkatan kereta api di Stasiun Gambir. Setidaknya rata-rata kereta terlambat lebih dari 2 jam.

Sebut saja KA Argo Cheribon yang seharusnya berangkat pada pukul 20.40 WIB, kereta baru tiba di Stasiun Gambir pada pukul 22.30 WIB. KA dengan rute Jakarta-Cirebon ini akhirnya berangkat pada pukul 22.50 WIB.

"Ini musim liburan, pelayanan malah seperti ini. Stasiun Gambir jadi tidak nyaman, seperti pasar saja," ungkap salah satu penumpang atas nama Apip saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (28/12/2019).

Sebagai perusahaan BUMN, Apip berpendapat KAI harus meningkatkan antisipasi gangguan perjalanan kereta api saat musim liburan seperti saat ini.

 

2 dari 4 halaman

Kereta Lain yang Terlambat

Kondisi Stasiun Gambir Jumat (27/12/2018) malam.
Kondisi Stasiun Gambir Jumat (27/12/2018) malam. (dok: Ilyas)

Tak hanya kereta untuk jurusan Cirebon, untuk KA rute Jakarta-Tegal dengan nama yang sama, Argo Chirebon, juga mengalami keterlambatan lebih dari 2 jam. Kereta ini seharusnya berangkat dari Stasiun Gambir pada pukul 21.10 WIB namun baru diberangkatkan pasa pukul 23.15 WIB.

Demikian juga untuk KA Purwojaya dengan rute Jakarta-Cilacap yang seharusnya berangkat pada pukul 21.55 WIB. Namun hingga pukul 23.00 WIB, KA tersebut baru melintas Stasiun Bekasi menuju Stasiun Gambir.

"Pengennya sampai rumah, bisa istirahat dengan nyaman, gara-gara terlambat nanti sampai Tegal sudah hampir subuh, jadi tidak bisa istirahat dengan nyenyak," ujar penumpang lainnya, Adit.

Akibat keterlambatan mayoritas kereta ini, kondisi Stasiun Gambir memang sangat ramai. Bahkan petugas kemanan membatasi penumpang yang akan naik ke peron. Akibatnya, penumpang menumpuk di lantai 1 dan lantai dasar stasiun.

Tidak hanya itu, tangga akses turun penumpang dari peron pun dipenuhi para penumpang yang menunggu keberangkatan kereta. Saking penuhnya, akses turun tangga pun hanya bisa dilalui satu lajur. Selain itu, penumpang juga ada yang duduk di lantai-lantai stasiun.

 

3 dari 4 halaman

Penjelasan KAI

Kondisi Stasiun Gambir Jumat (27/12/2018) malam.
Kondisi Stasiun Gambir Jumat (27/12/2018) malam. (dok: Ilyas)

Melalui media sosialnya, KAI menjelaskan pada malam ini tengah ada gangguan operasional di Stasiun Karawang.

"Sehubungan dengan adanya gangguan operasional di Stasiun Karawang, yang mengakibatkan antrean dan keterlambatan perjalanan KA yang melintas di jalur tersebut. Saat ini sedang dalam penanganan unit terkait. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis penjelasan KAI via twitter @KAI121.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓