Sukses

UMKM Ini Bawa Gorengan Indonesia Naik Kelas

Tapisi memiliki misi menjadi raja camilan dan gorengan Indonesia yang mengedepankan kehigienisan produk.

Liputan6.com, Jakarta - Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), Tapisi, yang siap membawa camilan dan gorengan Indonesia naik kelas. Hal tersebut disampaikan oleh pendiri Tapisi, Akbar Temmuyin Sani.

Akbar menyatakan, dirinya memiliki misi menjadi raja camilan dan gorengan Indonesia yang mengedepankan kehigienisan produk.

"Tapisi ini awalnya dari sebuah kegalauan saya, karena banyak perusahaan asing di Indonesia, mereka jualannya sama-sama jual kentang goreng, pisang goreng. Kenapa kok kita tidak bisa bikin kelas menengah ke atas," kata Akbar dalam acara media sharing, di Hot & Sexy Chicken Kemayoran, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Ia melihat banyak penjual gorengan yang dalam proses mengolah produknya, terlihat kurang higienis, serta banyak pedagang gorengan yang menyalahi aturan dalam berdagang, seperti jualan di pinggir jalan, mengganggu pejalan kaki, dan dikejar-kejar oleh satpol PP.

"Higienisasi, penjualannya pun harus menggunakan masker, sarung tangan, agar orang menengah ke atas pun tidak jijik mencoba produk kita. Kita ingin menunjukkan produk kita higienis," jelasnya.

Lalu ia pun berpikir, bagaimana caranya menolong pedagang kecil tersebut. Karena menurutnya bagi pedagang kecil sangat sulit mendapatkan pinjaman dari Bank, karena diperlukan jaminan.

"Pada dasarnya kami memiliki tujuan merevitalisasi budaya kuliner tradisional Indonesia, serta membuatnya lebih terjangkau oleh masyarakat umum. Baik mereka konsumen maupun peminat usaha," ungkapnya.

Dari sisi bisnis sendiri, Tapisi memiliki konsep kemitraan yang mengajak pedagang kecil untuk bergabung.

   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

la pun memiliki ambisi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, dengan membuka peluang usaha seluas-luasnya bagi para calon mitra Tapisi di seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara.

"Di Tapisi kita punya beberapa program, kita berikan gerobak senilai Rp 15 juta sekaligus dengan produknya untuk yang mau bermitra, mereka (penjual gorengan) bisa membayarnya dengan dicicil," kata dia.

Hal tersebut bertujuan untuk mengubah wajah penjual gorengan supaya tidak jualan di pinggir jalan, dan produk yang higienis.

"Jadi kita mencari mereka yang tidak punya pekerjaan, lebih bagus lagi kalau penjual gorengan karena sudah punya ilmunya, kalau pun tempat mereka tidak layak, kita akan carikan tempat sewa. Kita tidak hanya mengambil keuntungan saja yang diambil, melainkan membantu pedagang kecil untuk mengembangkan usahanya," jelasnya.

Ia berharap penjual gorengan bisa berjualan ditempat yang layak, seperti di pusat perbelanjaan atau mall, atau di pujasera. Pokoknya ditempat yang sudah berizin.

Selain itu menu yang ditawarkan Tapisi adalah panganan sehari-hari yang mudah dijumpai, serti Tahu, Pisang dan Singkong, yang disingkat menjadi Tapisi. Dengan beragam varian rasa seperti Pisang goreng dengan topping keju dan coklat, singkong topping keju atau coklat, serta tahu goreng balado, dan barbeque.

Sementara itu, ia optimis untuk mengembangkan produk Tapisi hingga ke luar negeri, seperti Malaysia. Karena harga sewa di Malaysia masih cukup murah.

"Kan sekarang ada resesi global, kalau saya pikirannya global. Dengan think global, saya akan bawa Tapisi secara global," jelasnya.

Selain itu target untuk ke depannya, pihaknya sedang dalam tahap bekerja sama untuk mengembangkan 1.000 gerobak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.