Sukses

Kemenkeu Bantah Sri Mulyani Ingkar Janji soal Penyaluran Kredit ke PBNU

Dalam catatan Kemenkeu, kredit usaha untuk UMKM yang berafiliasi dengan NU telah diberikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti menanggapi sindiran Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang menyatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani belum memberikan kredit usaha sebesar Rp 1,5 triliun.

Dalam catatannya, Nufransa menjelaskan, kredit usaha sebesar Rp 211 miliar untuk UMKM yang berafiliasi dengan NU telah diberikan melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP), badan investasi yang mengelola anggaran Rp 1,5 triliun untuk UMKM.

"PIP telah melakukan akad dengan total nilai Rp 211 miliar untuk 5 koperasi yang berafiliasi dan diusulkan NU," ujar Nufransa, mengutip keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (26/12/2019).

Adapun 5 koperasi tersebut ialah KSPPS BMT UGT Sidogiri di Pasuruan (Rp 50 miliar), KSPPS BMT Nusa Umat Sejahtera di Semarang (Rp 100 miliar), KSSPS BMT El Anugrah Sejahtera di Langkat (Rp 8 miliar), KSPPS BMT Nuansa Umat Jatim di Sumenep (Rp 50 miliar) dan KSPPS BMT Ummat Sejahtera Abadi di Jepara (Rp 3 miliar).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telah Uji Coba dengan Pegadaian

Nufransa melanjutkan, Kemenkeu juga telah melakukan uji coba skema pembiayaan usaha mikro melalui skema channeling, bekerja sama dengan PT Pegadaian dengan 11 lembaga yang berafiliasi dengan NU dengan total penyaluran Rp 2,1 miliar.

Seluruh penyerahan kredit tersebut dilakukan berdasarkan persetujuan dan rekomendasi PBNU.

"Dengan adanya informasi ini, maka apa yang disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang mengatakan bahwa sampai hari ini kredit usaha yang dijanjikan belum ada satu peserpun yang terlaksana adalah sama sekali tidak benar," tegas Nufransa.

Sebelumnya, Said menyindir Sri Mulyani karena belum memberikan satu persenpun kredit untuk UMKM di bawah NU, padahal perjanjian sudah diteken sejak 23 Februari 2017 lalu.

"Pernah kita MoU dengan Menteri Sri Mulyani, katanya akan menggelontorkan kredit murah Rp 1,5 triliun. Sampai hari ini satu peser pun belum terlaksana," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
    Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.

    Sri Mulyani

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.

    koperasi

  • Menkeu

  • PBNU