Penumpang Bus Damri Naik 11 Persen pada Libur Nataru

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 25 Des 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 09:16 WIB
Kedatangan penumpang bus Damri

Liputan6.com, Jakarta - Perum Damri bersiap menambah armada dan rute perjalanan jelang masa Natal dan Tahun baru (Nataru) 2020.

Kepala Divisi Operasi Perum Damri Suyanto memperkirakan, volume penumpang Damri pada periode Nataru tahun ini akan naik sekitar 11 persen. Bertambahnya jumlah penumpang ini lantaran harga tiket pesawat yang masih mahal.

"Akan ada kenaikan volume penumpang sebesar 11 persen dari tahun lalu seiring masih tingginya harga tiket angkutan udara," ungkap dia, Rabu (25/12/2019).

Lebih lanjut, Suyanto menjabarkan, perusahaan kini sudah mempersiapkan bus Siap Guna Operasi sekitar 2.270 unit di 58 kantor cabang, serta jumlah petugas di sepanjang jalur yang akan digerakkan dalam menyambut Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Sebelum menjalankan armada bus, Perum Damri juga sudah melakukan pemeriksaan kendaraan (rampcheck) secara rutin demi kenyamanan dan keamanan penumpang.

“Pihak kami juga telah melakukan sertifikasi pengemudi terkait dengan tingkat pelayanan guna mendukung kelancaran perjalanan pelanggan," tukas Suyanto.

2 dari 3 halaman

Layanan Bus Damri Gratis Bandung - Bandara Kertajati Laris Manis

(Foto: Liputan6.com/Bawono Y)
Bus Damri di Bandara Kertajati (Foto: Liputan6.com/Bawono Y)

Layanan bus Damri gratis di pool Bandung, Jalan Kebon Kawung, catatkan pencapaian yang cukup signifikan dalam kenaikan angka statistik jumlah penumpang dari Bandung ke Bandara Kertajati pada periode 1-14 Juli 2019 atau selama dua pekan terakhir.

"Antusias penumpang sangat besar sekali mencapai 11.000 orang, bahkan per satu hari untuk jam paling ideal yaitu keberangkatan pukul 2 dini hari bisa sampai 246 orang langsung. Di saat puncak keberangkatan kita menyediakan 6 unit bus," kata Koordinator BIJB, Ryan P di Bandung, Senin (15/7/2019).

Ryan mengatakan, setiap harinya bus damri gratis ini selalu melayani penumpang. Puncak arus penumpang yang tercatat berangkat ke Bandara Kertajati terjadi pada akhir pekan seperti hari Minggu.

"Selalu terjadi kenaikan setiap hari apalagi di hari Minggu. Kemarin saja per satu hari dari Bandung mencapai 1.200 penumpang," ujarnya.

Adapun jumlah rata-rata penumpang, lanjut Ryan, mencapai angka 1.000 per harinya. Angka tersebut merupakan penumpang dari dari Bandung ke Kertajati dan sebaliknya.

"Karena ini merupakan instruksi dari pimpinan, kami akan berusaha terus melayani agar tidak ada satu pun yang tidak terangkut Damri. Rata rata bisa sampai 15-16 unit bus," ujarnya.

Seperti diketahui, sejak Senin (1/7/2019) lalu diberlakukan pengalihan penerbangan domestik khususnya luar Jawa dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati, Majalengka.

Bus Damri sendiri menerapkan tarif gratis bagi calon penumpang selama satu bulan hingga 31 Juli mendatang. Khusus untuk layanan bus gratis disediakan armada dengan kapasitas 39 kursi.

Rencananya, Kementerian Perhubungan akan menyiapkan subsidi untuk penggunaan bus Damri secara gratis selama satu tahun di Bandara Kertajati. Ini dilakukan sambil menunggu pembangunan tol Cisamdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang ditargetkan selesai tahun ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓