Top 3: Desain Ibu Kota Baru Usung Tema Bhineka Tunggal Ika

Oleh Septian Deny pada 25 Des 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 08:00 WIB
Desain Ibu Kota baru. Liputan6.com/Athika Rahma
Perbesar
Desain Ibu Kota baru. Liputan6.com/Athika Rahma

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengumumkan pemenang sayembara desain ibu kota baru. Desain milik Sibarani Sofian dengan tim Nagara Rimba Nusa menjadi juara pertama sayembara desain ibu kota baru.

Pencipta desain ibu kota baru ini mengusung tema Bhineka Tunggal Ika atau keberagaman yang tercermin dalam bangunan plaza yang akan menjadi kawasan bisnis, komersial dan pemukiman.

Contohnya, tema Pansasila direpresentasikan dalam bentuk danau. Dalam danau tersebut akan ada lima sila. Seperti untuk Sila pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa akan tercermin dalam Komplek religi Nasional.

Artikel mengenai rincian desain ibu kota baru ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu 25 Desember 2019:

 

2 dari 5 halaman

1. Rincian Desain Ibu Kota Baru, Ada Danau Pancasila dan Plaza Bhineka Tunggal Ika

Desain Ibu Kota baru. Liputan6.com/Athika Rahma
Perbesar
Desain Ibu Kota baru. Liputan6.com/Athika Rahma

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memilih desain ibu kota baru milik Sibarani Sofian dengan tim Nagara Rimba Nusa menjadi juara pertama sayembara desain ibu kota baru. Tim Nagara Rimba menyisihkan 291 desain lain yang juga mengikuti sayembara tersebut.

Dikutip dari video pemenang lomba desain ibu kota baru yang digelar oleh Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (24/12/2019), lokasi ibu kota baru ada di angara Kota Samarinda dan Balikpapan.

Pembangunan akan mengusung konsep yang menjembatani antara alam, jasmani dan rohani. Desain yang digagas oleh Sibarani Sofian dengan tim Nagara Rimba Nusa ini akan mendekatkan Lembaga yudikatif yaitu Mahkamah Agung, Eksekutif yaitu Presiden dan legislatif yaitu MPR dan DPR. Bangunan ketiga lembaga itu akan berada dalam satu garis lurus.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 5 halaman

2. Harga Emas Naik Tipis di Tengah Sepinya Perdagangan

20151109-Ilustrasi-Logam-Mulia
Perbesar
Ilustrasi Logam Mulia (iStockphoto)

Harga emas naik tipis pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta) di tengah perdagangan yang cukup sepi jelang libur Natal dan Tahun Baru.

Sentimen yang mempengaruhi kenaikan harga emas adalah kekhawatiran yang berlarut-larut mengenai kondisi ekonomi global yang tak kunjung membaik.

Mengutip CNBC, Selasa (24/12/2019), harga emas di pasar spot naik 0,4 persen ke level USD 1.483,86 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,5 persen ke level USD 1.487,90 per ounce.

Baca artikel selengkapnya di sini

4 dari 5 halaman

3. Kereta Wisata Bakal Bisa Berhenti di Stasiun Sesuai Keinginan Penumpang

Kereta Wisata
Perbesar
Kereta Wisata (liputan6)

PT Kereta Api Pariwisata menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di Indonesia. Sekarang, Kereta Api Pariwisata bisa mengantar sesuai kebutuhan masyarakat tanpa harus mengikuti rangkaian yang sudah ada saat ini.

Direktur Utama Kereta Api Pariwisata Totok Suryono menjelaskan, selama ini kereta wisata terus mengekor dengan rangkaian kereta induk. Oleh karena itu, pelanggan tidak bisa memilih rute sendiri. 

Ke depannya, Totok menargetkan kareta wisata bisa independen. Dalam dua tahun yang akan datang Kereta Api Pariwisata bisa meluncurkan Kereta Istimewa. Keunggulan dari Kereta Istimewa ini dengan pemberhentian tidak diatur oleh kereta induk tetapi sesuai dengan permintaan konsumen.

Baca artikel selengkapnya di sini

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓