Rincian Desain Ibu Kota Baru, Ada Danau Pancasila dan Plaza Bhineka Tunggal Ika

Oleh Arthur Gideon pada 24 Des 2019, 09:21 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 09:21 WIB
Desain Ibu Kota baru. Liputan6.com/Athika Rahma
Perbesar
Desain Ibu Kota baru. Liputan6.com/Athika Rahma

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memilih desain ibu kota baru milik Sibarani Sofian dengan tim Nagara Rimba Nusa menjadi juara pertama sayembara desain ibu kota baru. Tim Nagara Rimba menyisihkan 291 desain lain yang juga mengikuti sayembara tersebut.

Dikutip dari video pemenang lomba desain ibu kota baru yang digelar oleh Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (24/12/2019), lokasi ibu kota baru ada di angara Kota Samarinda dan Balikpapan.

Pembangunan akan mengusung konsep yang menjembatani antara alam, jasmani dan rohani. Desain yang digagas oleh Sibarani Sofian dengan tim Nagara Rimba Nusa ini akan mendekatkan Lembaga yudikatif yaitu Mahkamah Agung, Eksekutif yaitu Presiden dan legislatif yaitu MPR dan DPR. Bangunan ketiga lembaga itu akan berada dalam satu garis lurus.

Selain itu, pencipta desain ini juga mengusung tema Bhineka Tunggal Ika atau keberagaman yang tercermin dalam bangunan plaza yang akan menjadi kawasan bisnis, komersial dan pemukiman.

Selain itu, tema Pansasila juga direpresentasikan dalam bentuk danau. Dalam danau tersebut akan ada lima sila. Untuk Sila pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa akan tercermin dalam Komplek religi Nasional.

Untuk Sila kedua Kemanusiaan yang Adil dan Beradab direpresentasikan dalam bangunan Museum Peradaban Indonesia. Untuk Sila ketiga terlihat dalam bangunan Museum Persatuan Indonesia.

Untuk Sila Keempat tercermin dalam bangunan Plaza Demokrasi. Sedangkan Sila Kelima terlihat dalam Pasar Rakyat.

Di lingkungan Istana Ibu Kota Baru akan ada kantor Staf Presiden, Masjid Astana dan Beranda Astana

 

2 dari 3 halaman

Modern dan Ramah Lingkungan

Juara Harapan 1 Desain ibu kota baru. Dok Kementerian PUPR
Perbesar
Juara Harapan 1 Desain ibu kota baru. Dok Kementerian PUPR

Tentu saja, desain ibu kota baru ini mengusung konsep modern dan ramah lingkungan. Akan ada moda transportasi maju seperti kereta listrik dan juga jalur sepeda serta skuter listrik.

Tentu saja, juga disediakan jalur koneksi untuk pejalan kaki.

Setiap gedung akan menggunakan panel surya sehingga bisa meciptakan ketahanan energi.

Untuk menahan banjir, desain ibu kota baru dilindungi dengan hutan mangrove. Ada juga berbagai dam sehingga menahan serbuan dari air yang meluap.

Akan ada beberapa kota yang akan mengelilingi inti ibu kota. Terdapat Kota Teknologi, Kota Kreativitas dan Inovasi, Kota Olahraga Kota Riset media dan Kesehatan dan Kota Edukasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓