Kaleidoskop Bisnis 2019: Rekrutmen PPPK Hingga Heboh Kasus Harley di Garuda Indonesia

Oleh Nurmayanti pada 24 Des 2019, 12:00 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 12:15 WIB
Kaleidoskop Bisnis 2019. Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 berada di penghujungnya. Harapan baru menanti tahun 2020. Sebelum menapaki awal baru di tahun depan, mari melihat sedikit kilas balik, tentang hal apa saja yang sudah terjadi di sepanjang tahun ini.

Di kanal bisnis Liputan6.com, telah banyak hal terjadi sepanjang tahun ini. Mulai dari berita ringan seperti rumah artis hingga kasus penyelundupan barang.

Berawal dari Januari di mana para pelamar kerja di negara ini, begitu memimpikan menjadi bagian pengabdi negara. Ini terkait dengan dibukanya rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Adapula soal mati lampu yang cukup lama dan menggangu kegiatan masyarakat.

Di penghujung tahun, muncul berita menghebohkan perihal upaya penyelundupan motor Harley Davidson melalui pesawat Garuda Indonesia.

Berbagai berita yang terjadi di tahun ini, tentunya bisa menjadi pelajaran bagi kita semua dan informasi untuk ditelaah. Ingin tahu berita apa saja yang paling membetot pembaca Liputan6.com di kanal bisnis? simak ulasannya: 

 

 

2 dari 13 halaman

1. Januari

Infografis Seleksi Pegawai PPPK 2019
Infografis Seleksi Pegawai PPPK 2019. (Liputan6.com/Triyasni)

1. Rekrutmen PPPK

Semua mata terutama tenaga honorer di awal tahun tertuju pada pengumuman pemerintah. Tentang rencana pemerintah akan melakukan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) pada minggu keempat atau akhir bulan Januari 2019.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Aturan ini membuka peluang seleksi dan pengangkatan bagi tenaga honorer yang telah melampaui batas usia pelamar Pegawai Negeri Sipil (PNS), untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan status PPPK. Beberapa fakta terkuak dari rekrutmen ini. Seperti harapan dengan adanya skema PPPK ini dapat menjadi salah satu mekanisme penyelesaian tenaga honorer.

Serta rekrutmen PPPK yang terbagi menjadi dua fase rekrutmen. Adapun rekrutmen PPPK dilaksanakan pada pekan keempat Januari 2019 dan setelah Pemilu yang berlangsung pada April tahun 2019.

Ingin tahu lengkapnya simak di sini

 

 

 

3 dari 13 halaman

2. Februari

[Fimela] Atta Halilintar
Atta Halilintar (Daniel Kampua/ Fimela.com)

10 Youtuber dengan Penghasilan Terbesar di Indonesia

Hal kedua yang menghebohkan berkaitan dengan penghasilan yang diraih para Youtuber Indonesia.

Siapa yang tidak mengenal YouTube? Hampir semua generasi milenial sekarang ini pasti tahu YouTube, bahkan bagi sebagian orang, YouTube sudah menjadi sumber pekerjaan utama. 

Sebelumnya, YouTube dianggap hanya dijadikan sebagai hobi atau sambilan, tetapi karena maraknya milenial yang lebih tertarik untuk menonton YouTube dibandingkan menonton televisi, semakin banyak YouTuber yang bermunculan dengan konten yang mereka sajikan secara berbeda-beda.

Menjadi seorang YouTuber merupakan pekerjaan yang menjanjikan pasalnya penghasilan yang didapat bisa membuat mata terbelalak. Bahkan kabarnya penghasilan yang didapat seorang YouTuber mengalahkan gaji seorang Presiden. 

Di Indonesia sendiri, banyak sekali YouTuber sukses dengan penghasilan yang fantastis hingga mencapai miliaran rupiah

Simak uraiannya di sini 

  

 

4 dari 13 halaman

3. Maret

Masuk Seleksi Administrasi, Berapa Jumlah Pelamar CPNS di Kota Cirebon
Suasana kerja PNS di Kota Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Rekrutmen 16 Pendidikan Kedinasan

Usai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), pemerintah kembali membuka penerimaan calon mahasiswa/taruna pada lembaga pendidikan kedinasan sebagai salah satu jalur seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Terdapat 19 pendidikan tinggi kedinasan di delapan kementerian/lembaga yang membuka kesempatan untuk mengikuti seleksi. Untuk tahun ini, dibuka 9.176 kursi calon siswa/taruna.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui portal https://sscasn.bkn.go.id. Adapun Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar satu program studi pendidikan kedinasan. 

Penerimaan sekolah kedinasan ini akan beberapa tahapan sebagai proses seleksi. Hanya peserta yang lulus keseluruhan tahapan seleksi yang berhak mengikuti pendidikan.

Sedangkan untuk pengangkatan menjadi CPNS akan dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan dan telah memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan Kedinasan yang bersangkutan.

Ingin tahu lengkapnya simak di sini

 

 

 

5 dari 13 halaman

4. April

(Foto: Dokumen PT Astra International Tbk)
Gedung PT Astra International Tbk (Foto: Dokumen PT Astra International Tbk)

Pembukaan Lowongan Kerja di Astra International

 

Perusahaan terus berupaya mencari pekerja yang mumpuni. Salah satu caranya dengan membuka rekrutmen. Salah satu yang menuai perhatian adalah pembukaan lowongan kerja besar-besaran oleh PT Astra International Tbk.

Astra International membuka lowongan kerja untuk fresh graduate dan profesional. Perusahaan didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc.

Pada tahun 1990, telah dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII. Nilai kapitalisasi pasar Astra pada akhir tahun 2018 adalah sebesar Rp333,0 triliun.

Sesuai anggaran dasar Perseroan, kegiatan usaha yang dapat dijalankan oleh Perusahaan mencakup perdagangan umum, perindustrian, pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan, jasa dan konsultasi.

Hingga tahun 2018, Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, serta Properti.

Adapun berita selengkapnya di sini 

 

6 dari 13 halaman

5. Mei

Ruang tamu di rumah Siti Nurhaliza (Instagram/@ctdk)
Ruang tamu di rumah Siti Nurhaliza (Instagram/@ctdk)

Rumah Mewah Siti Nurhaliza

Siapa sih yang enggak kenal Siti Nurhaliza? Walaupun penyanyi yang satu ini berasal dari Negeri Jiran Malaysia, suara khas dan lagu-lagunya amat akrab di telinga masyarakat di Tanah Air. Dia pun punya banyak banget penggemar di Indonesia. 

Itu sebabnya juga, Siti merasa punya kedekatan tersendiri dengan Indonesia. Malahan, perempuan berumur 40 tahun ini menganggap Indonesia sebagai rumah keduanya setelah Malaysia.

Berkat suara merdu dan tembang-tembangnya yang meledak di pasaran, Siti memiliki banyak kekayaan. Gak heran, sebab ibu satu anak itu sudah nyemplung ke dunia keartisan sejak tahun 1995 dan namanya sudah terkenal di dunia. Pelantun “Cindai” ini memiliki total kekayaan mencapai USD 17 juta atau setara dengan Rp 241 miliar.

Tentu sudah hal lumrah kalau Siti hidup penuh dengan kemewahan. Salah satunya, tinggal di sebuah hunian megah di Kuala Lumpur, Malaysia.

Rumah lantai dua dengan 11 petugas keamanan itu mengusung tema gaya Eropa klasik yang begitu megah. Saking mewahnya, rumah tersebut terlihat seperti istana sultan.

Penasaran seperti apa penampakan rumah Siti Nurhaliza beserta keluarga? Yuk, langsung aja simak di sini 

 

 

 

 

 

7 dari 13 halaman

6. Juni

6 Potret Akbar 'Ajudan Pribadi', Dulu Kuli Bangunan Kini Selebgram Bergelimang Harta
Akbar 'Ajudan Pribadi' (Sumber: Instagram/ajudan_pribadi)

Kuli Bangunan yang Jadi Ajudan Kaya Raya

Ada satu nama yang sempat menghebohkan pula di tahun ini. Yakni Ajudan Pribadi atau yang dikenal publik sebagai ajudan Sekjen Gapensi, Andi Rukman Karumpa.

Berkat pekerjaannya sebagai ajudan pribadi para tokoh politik, dia pun kini memiliki apartemen mewah yang disebut-sebut seharga Rp 20 miliar. 

Selain itu, pemilik nama asli Muhammad Akbar itu menjadi selebgram lantaran tutur bahasanya yang unik dan lucu. Siapa sangka, sebelum terkenal seperti saat ini, dia pernah menjadi kuli bangunan.

Nama Ajudan Pribadi semakin dikenal setelah lewat Instagramnya mengaku pernah diblokir Syahrini.

Selain memiliki tingkah laku yang kerap mengocok perut, pria yang pernah diundang Presiden Jokowi menghadiri pernikahan putri sulungnya itu memiliki hunian mewah.

Bagaimana penampakannya? Simak lengkapnya di sini 

 

8 dari 13 halaman

7. Juli

Chernobyl (AP)
Chernobyl (AP)

Kesalahan Terbesar di Dunia

Pernahkah Anda membayangkan kejadian besar yang merugikan suatu kelompok atau bahkan seluruh dunia, namun hanya disebabkan kesalahan yang tak seharusnya dilakukan? Ya, hal-hal ini pernah terjadi di Bumi selama beberapa dekade.

Kerugian yang dialami bisa berupa kehilangan tempat tinggal, gangguan kesehatan, psikis dan yang pasti, hilangnya materi berupa uang dan harta. Nah, apa saja kesalahan termahal yang pernah terjadi di dunia ini?

Kesalahan dimaksud salah satunya typo di Bursa Efek Jepang. Kesalahan ketik pegawai bursa efek Jepang membuat perusahaan Mizuho Securities Company menderita kerugian jutaan dolar.

Bukannya menulis satu lembar saham bernilai 610.000 yen, si pegawai malah menulis satu yen untuk 610.000 lembar saham. Jadinya, Mizuho rugi USD 236 juta atau sekitar Rp 3,2 triliun, dengan asumsi kurs USD 1 sama dengan Rp 13.963. 

Simak kesalahan besar lainnya di sini  

 

 

9 dari 13 halaman

8. Agustus

20150812-Pasukan Elite PLN-Jakarta
Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Listrik Padam Massal

Satu kejadian yang sempat menghebohkan dalam negeri adalah padamnya listrik secara massal di beberapa wilayah. Kondisi ini pun membuat PT PLN (Persero) menuai kritik karena pemadaman berdampak ke seluruh kegiatan masyarakat.

Terkait pemadaman ini, PLN menjanjikan adanya kompensasi untuk masyarakat yang mengalami listrik padam pada Minggu (5/8/2019). Kompensasi ini adalah dengan memberikan listrik gratis.

Kompensasi sesuai dengan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017 tentang standar mutu pelayanan, PLN akan memberikan kompensasi ke masyarakat atas listrik padam yang hampir terjadi di seluruh Jawa.

Besaran insentif yang diberikan akan dihitung berdasarkan formula yang telah ditetapkan sesuai dengan lama listrik padam dan kelompok kWh pelanggan.Berita selengkapnya di sini 

 

10 dari 13 halaman

9. September

Lionel Messi Raih Ballon d'Or 2019, Ukir Sejarah Baru
Pemain Barcelona Lionel Messi memegang trofi Ballon d'Or 2019 di Chatelet Theatre, Paris, Prancis, Senin (2/12/2019). Messi mengukir sejarah dengan memenangkan Ballon d'Or untuk keenam kalinya. (AP Photo/Francois Mori)

10 Klub Olah Raga Terkaya

Anda hobi melihat pertandingan olahraga? Entah itu sepak bola, futsal atau basket, meski kemasan luarnya olahraga, tetap saja tim olahaga akan mendapat bayaran dari tiap permainan, begitu juga dengan pengelolanya.

Bisnis klub olahraga memang menjanjikan, apalagi jika klub tersebut berprestasi dan terkenal, seperti yang terjadi pada 10 klub olahraga ini. Mereka dinobatkan jadi klub terkaya di dunia dengan pendapatan yang tidak main-main.

Ke- 10 klub olahraga terkaya tersebut antara lain New York Giants. Klub american football ini memenangkan ajang olahraga bergengsi, Super Bowl sebanyak 4 kali dan NFL Championship dengan jumlah yang sama. Dikelola oleh John Mara dan Steve Tisch, sekarang New York Giants memiliki nilai USD 3,3 miliar.

Ingin tahu klub olah raga lainnya, simak di sini 

 

 

 

 

11 dari 13 halaman

10. Oktober

Mengintip Seleksi CPNS 2018 di Gedung Wali Kota Jaksel
Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS diselenggarakan mulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pembukaan Rekrutmen CPNS 2019

Beberapa bulan sebelum 2019 berakhir, muncul kabar gembira bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang memiliki latar pendidikan di bidang seperti guru atau bidan. Ini seiring pembukaan rekrutmen CPNS. Keduanya masuk ke empat besar lowongan dengan jumlah tertinggi. 

Sekitar 140 ribu dari 197 ribu formasi akan disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Formasi teknis memang ditingkatkan pada penerimaan CPNS tahun ini. Adapun pengumumaan seleksi CPNS tahun ini, dibuka pada Oktober.

Terdapat 541 instansi pusat maupun daerah yang mendapat jatah formasi tahun ini. Adapun informasi selengkapnya di sini

12 dari 13 halaman

11. November

Serikat Pekerja Pertamina memasang sepanduk penolakan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, untuk mengisi jabatan di PT Pertamina (Persero)‎.
Serikat Pekerja Pertamina memasang sepanduk penolakan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, untuk mengisi jabatan di PT Pertamina (Persero)‎.

Penolakan Ahok oleh Serikat Pekerja Pertamina 

Nama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kembali menuai kehebohan. Namanya masuk dalam jajaran manajeman PT Pertamina.

Pro dan kontra terjadi. Penolakan salah satunya datang dari Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB). Sebagai bentuk penolakan, pekerja bahkan memasang spanduk.

Aksi penolakan yang dilakukan pekerja, didasari‎ Ahok yang memiliki catat persyaratan materiil. Simak berita lengkapnya di sini

 

 

13 dari 13 halaman

12. Desember

Onderdil Harley Davidson dan Brompton
Petugas Bea Cukai menyiapkan barang bukti pada konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Penyelundupan Harley Davidson dan Brompton di Garuda Indonesia 

Garuda Indonesia kembali menjadi sorotan publik. Sambutan meriah pesawat barunya A330-900 Neo pada pertengahan November 2019 ini seolah tak ada artinya setelah petugas Bea dan Cukai menemukan sejumlah barang di dalam bagasi pesawat tesebut. Barang tesebut berupa onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Pemeriksaan Bea Cukai mengindikasikan terjadinya pelanggaran kepabeanan sebagai upaya penyelundupan. Usut punya usut ternyata motor tersebut milik Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara. Barang bawaan tersebut diangkut dalam bentuk terpisah yang terbagi dalam beberapa koli.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir kemudian mencopot pimpinan Garuda Indonesia. Ingin tahu berita lengkapnya simak di sini

 

Demikianlah berita tentang Harley Davidson di Garuda Indonesia menutup rangkaian berita paling menarik perhatian dan menghebohkan sepanjang tahun 2019. Selamat Tahun Baru 2020!

Lanjutkan Membaca ↓