Sambut Nataru, KA Wisata Operasikan Kereta Priority Rute Jakarta-Jogja

Oleh Liputan6.com pada 23 Des 2019, 19:30 WIB
Diperbarui 23 Des 2019, 20:16 WIB
Argo Muria Priority merupakan kereta jurusan Gambir-Semarang yang diluncurkan PT KA Pariwisata. Foto: Liputan6.com/Maulandy

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Pariwisata mengumumkan pembukaan rute baru kereta kelas priority pada KA Fajar Utama Yogyakarta (YK) dan KA Senja Utama YK. Peluncuran rute ini dalam rangka menyambut menyambut libur Hari Raya Natal 2019 & Tahun Baru 2020.

PT Kereta Api Pariwisata diakui sebagai salah satu pelopor pariwisata berbasis kereta api di Indonesia dan merupakan organisasi mapan dalam industri pariwisata Indonesia.

"Pertimbangan kami meluncurkan KA Fajar Utama YK Priority dan KA Senja Utama YK Priority adalah untuk memberikan alternatif baru kepada masyarakat dalam memilih kelas kereta karena selama ini dalam rangkaian KA tersebut yang tersedia adalah kelas Ekonomi Premium dan Kelas Eksekutif," jelas Direktur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Kereta Api Wisata ini mulai beroperasi pada Jumat (13/12) dan rencananya akan beroperasi setiap hari. Kereta ini akan dirangkaian dengan kereta Senja Utama dan Fajar Utama yang pemberhentian akhir di stasiun Yogyakarta.

KA Wisata ini menambah rute baru yang sebelumnya hanya memiliki empat rute (Jkt-Bandung, Jkt- Cirebon, Jkt-Semarang, Jkt-Surabaya) dan sekarang telah bertambah menjadi lima rute ditambah (Jkt-Yogyakarta).

"Sejak diluncurkan pada 13 Desember kemarin, jumlah peminat KA Priority sejauh ini cukup baik," ujar Totok.

Jumlah penumpang mencapai 95 persen dari jumlah kapasitas kursi Kereta Api Priority ini. Target selanjutnya, PT KA Pariwisata akan menambah rute baru tahun depan. Penambahan ini untuk tujuan ke Solo dan Yogyakarta.

Pada Nataru tahun ini, PT KA Pariwisata menargetkan sebanyak 480 perjalannan kereta wisata dengan jumlah tempat duduk 13.980 tempat duduk/kursi. Jumlah ini merupakan gabungan dari pola sewa (carter) dan pola FIT (perseorangan).

Khusus menyambut Nataru, pihak KA Wisata memberikan tarif promo mulai dari Rp 600 ribu yang berlaku tanggal 13 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020. Untuk penumpang KA Priority yang berangkat dari Stasiun Yogyakarta akan mendapat layanan ruang tunggu di Anggrek Lounge sekaligus menerima hidangan menu All You Can Eat secara gratis dengan cara menunjukkan boarding pass dan kartu identitas resmi penumpang.

 

2 of 3

Jadwal Keberangkatan

Keberangkatan KA Fajar Utama  YK Priority dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Stasiun Senen pukul 07.00-15.11 WIB, dan KA Senja Utama YK Priority pukul 18.55 - 03.07 WIB

Keberangkatan KA Fajar Utama YK Priority dari Stasiun Senen menuju Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 07.20-15.29 WIB dan KA Senja Utama YK Priority pukul 18.55 - 03.07 WIB

 

Reporter : Danar Jatikusumo

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓