Sukses

Kementerian ESDM Nilai Zulkifli Zaini Tepat Pimpin PLN

Kementerian BUMN angkat bicara tentang Direktur Utama PLN yang abru, Zulkifli Zaini

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yakin, penunjukan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN dan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN merupakan keputusan terbak Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, Zulkifli memiliki rekam jejak dalam mengurusi kelistrikan sebab pernah menjadi komisaris PLN. Selain itu, dia juga memiliki pengalaman dalam hal keuangan karena pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri.

‎"Pak Zul pernah di PLN dan Direktur Utama Mandiri ya," kata Rida, di Pusat Pengatur Beban (P2B) Gandul, Depok, Jawa Barat, Senin (23/12/2019).

Rida melanjutkan, sosok Amien Sunaryadi yang ditunjuk sebagai Komisaris Utama PLN juga memiliki rekam jejak yang baik. Hal ini dilihat dari rekam jejak Amien yang sem‎pat menjadi berkarir di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

"Mas Amien saya sudah tau di pernah di SKK Migas, bagaimana beliau berkiprah," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan Tebaik

Menurut Rida, keputusan Erik Thohir menunjuk Zulkifli dan Amien merupakan keputusan terbaik. Dia berharap, kedua sosok ini akan membawa PLN semakin baik.

"Saya yakin betul pilihan Pak Erik terbaiklah. Inikan (penunjukan Zulkifli dan Amien) melalui TPA (Tim Penilai Akhir) ya kita boleh menaruh harapan untuk perbaikan," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Segudang Tugas Berat Zulkifli Emban Jabatan Dirut PLN

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero). Dibantu Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama, Zulkifli nantinya akan memiliki segudang tugas berat sebagai bos perusahaan listrik negara.

Tugas tersebut antara lain membentuk ekosistem yang sehat dalam memproduksi listrik hingga menentukan tarif listrik yang tidak memberatkan masyarakat dan pelaku usaha.

"PLN akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMN dan BUMDes dalam memproduksi listrik. PLN akan fokus pada distribusi," tutur Erick, mengutip keterangan pers, Senin (23/13/2019).

Selain itu, bos PLN uang baru harus bisa merealisasikan rasio elektrifikasi 100 di Indonesia dan meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik.

"Salah satunya, pemenuhan listrik ramah lingkungan di Ibu Kota Baru," lanjutnya.

Sebagai informasi, PLN akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk mengesahkan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama dan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN.

RUPS akan dijadwalkan pukul 16.00 WIB di Kantor Kementerian BUMN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.