Tarik Ulur Pengangkatan Dirut PLN, Rudiantara Terdepak?

Oleh Liputan6.com pada 23 Des 2019, 10:38 WIB
Diperbarui 23 Des 2019, 11:15 WIB
Erick Thohir Rapat Perdana di DPR

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pengumuman direksi PT PLN (Persero) akan diumumkan sore ini pukul 16.00 WIB di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta. Ada tiga kandidat Direktur Utama yang bakal menggantikan Sofyan Basir.

"Dirut ada tiga kandidat," kata Erick di Jakarta, Senin (23/12)

Namun Erick enggan membeberkan nama-nama kandidat tersebut. Padahal sebelumnya nama mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara santer dikabarkan bakal jadi bos PLN.

"Pak Rudiantara salah satunya," singkat Erick.

 

Ini sekaligus mengkonfirmasi kalau nama Rudiantara dicoret dalam daftar kandidat Dirut PLN.  Dia menambahkan proses regenerasi pimpinan perusahaan BUMN bakal diisi oleh para kandidat dengan kualifikasi anak bangsa terbaik.

"Kan ada 142 BUMN perlu juga komite dan dirutnya yang bagus-bagus," ujar Erick.

Namun Erick memastikan tidak ada nama mantan menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam daftar Tim Penilai Akhir (TPA). "Nama bu Susi untuk TPA sementara ini tidak ada," ujar Erick.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN nanti, Erick juga akan mengumumkan empat jabatan penting lainnya. Jabatan itu yakni wakil direktur utama, direktur keuangan, komisaris utama dan wakil komisaris utama.

2 dari 4 halaman

Dirut Baru PLN Diumumkan Sore Ini

20170621-PLN Berikan Diskon Biaya Penyambungan Tambah Daya-Antonius
Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sosok yang akan duduk sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) akan ditentukan pada sore ini. Hal tersebut dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dikutip dari Antara, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan tiga posisi pimpinan PLN yang mengalami pergantian dan akan diumumkan Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan setrum negara itu pada Senin (23/12/2019) sore.

"Direktur Utama, Komisaris Utama (Komut) dan Direktur Keuangan (Dirkeu) PLN akan ada pergantian besok Senin (23/12)," ujar Erick Thohir di Jakarta, Minggu (22/12/2019) malam.

Erick juga menambahkan bahwa RUPS perusahaan listrik negara tersebut akan digelar pada hari yang sama.

Saat ditanya siapa yang akan menduduki pucuk tertinggi direksi PLN, Erick meminta kepada publik untuk menunggu pengumuman Senin besok (23/12).

"Tunggu besok," katanya di sela-sela acara bertema Kerja Profesional tanpa Pelecehan Seksual di BUMN.

Begitu pula saat dimintai konfirmasi apakah mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang akan menduduki posisi Direktur Utama PLN, Erick enggan mengomentari lebih lanjut. 

3 dari 4 halaman

Lewat Mekanisme RUPSLB

Progress Pembangunan Pembangkit Listrik 35.000 MW untuk Indonesia
Progress sebaran pembangkit listrik dan jaringan tranmisi yang telah dibangun PT. PLN demi program 35.000 MW untuk Indonesia.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang baru akan diumumkan pada Senin (23/12/2019).

Ia mengatakan Kementerian BUMN telah menyampaikan Dirut PLN akan diumumkan pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) PLN.

Batas akhir pelaksanaan RUPSLB PLN akan jatuh pada 23 Desember 2019.

Sedangkan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan bahwa tim penilai akhir (TPA) menunjuk mantan Menkominfo Rudiantara sebagai Direktur Utama PLN.

Arya menuturkan dalam RUPS nanti tidak hanya menunjuk Direktur Utama PLN tapi juga akan dilakukan perombakan anggota direksi lainnya.

Rudiantara sendiri pernah menjadi Wakil Dirut PT PLN pada 2008-2009 lalu. Selama di PLN, ia terlibat dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt. 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓