Sukses

3 Hari Digelar BRILianPrenerur 2019 Catat Transaksi Senilai USD33,5 Juta

Kegiatan ini disusun dengan konsep yang menarik dengan menghadirkan Art Installation showcase, Business Matching, UMKM Expo dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki hari terakhir penyelenggaraan UMKM Export BRILian Preneur 2019, Bank BRI berhasil memfasilitasi terjadinya kesepakatan sebanyak 23 kontrak pembelian dengan total dealing amount sebesar USD33,5 juta atau sekitar Rp495 miliar. Angka pencapaian ini melebihi ekspektasi yang ditargetkan di awal Business Matching sebesar USD25 juta atau setara dengan Rp329 miliar. 

Expo yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-124 Bank BRI ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Jumat lalu (20/12) dan ditutup oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo pada Minggu, di JCC, Jakarta (22/12).

Selain mendapatkan apresiasi dari Presiden RI, acara ini juga mendapatkan animo yang sangat besar dari masyarakat. Diperkirakan jumlah pengunjung yang hadir hingga hari minggu ini mencapai lebih dari 16 ribu pengunjung.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan bahwa acara ini diselenggaakan sebagai bentuk apresiasi Bank BRI kepada nasabah UMKM dan sebagai wujud kontribusi pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Kegiatan ini disusun dengan konsep yang menarik dengan menghadirkan Art Installation showcase, Business Matching, UMKM Expo, Talkshow, Coaching Clinic, Artist Performance, Barista Competition dan akan ditutup dengan UMKM Award.

"Kegiatan Business Matching yang diselenggarakan selama dua hari ini mempertemukan buyer luar negeri dengan UMKM BRI dan telah menghasilkan deal transaksi ekspor yang melebihi ekspektasi," jelas Sunarso.

Dalam prosesi one-on-one meeting di Business Matching, petugas Bank BRI melakukan pendampingan kepada setiap pelaku UMKM yang melakukan proses negosiasi dengan buyer luar negeri. Beberapa UMKM yang berhasil mendapatkan kontrak ekspor diantaranya UMKM binaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) seperti Minang Kayo, Bolu Ketan Mendut, Krispi Yummy Babeh, Mangga Taksa Astama dan Sambal Inohong.

Kegiatan ini adalah salah satu bukti nyata bahwa Bank BRI telah berhasil membuat UMKM binaannya naik kelas, khususnya untuk nasabah UMKM segmen mikro dan kecil sehingga dapat bersaing dengan produk diluar negeri dengan Go Export.  Selain itu, BRI juga memilih UMKM terbaik tahun 2019 dari beberapa kategori, yaitu: 

UMKM Expo Terbaik di UMKM EXPORT BRILIANPRENEUR Tahun 2019:

  • Juara 1: Ulos Sianipar, berhak mendapatkan hadiah Tabungan BRI BritAma senilai Rp20 juta dan mengikuti Expo di luar negeri
  • Juara 2: Rendang Uniadek, berhak mendapatkan hadiah Tabungan BRI BritAma senilai Rp15 juta
  • Juara 3: Semomondezzy, berhak mendapatkan hadiah Tabungan BRI BritAma senilai Rp10 juta

UMKM Business Matching Terbaik di UMKM EXPORT BRILIANPRENEUR Tahun 2019:

  • Juara 1: Siger Jaya Abadi, berhak mendapatkan hadiah Tabungan BRI BritAma senilai Rp50 juta dan berhak mengikuti Expo di luar negeri
  • Juara 2: Sekar Laut, berhak mendapatkan hadiah Tabungan BRI BritAma senilai Rp30 juta
  • Juara 3: Ketiara Coffe, berhak mendapatkan hadiah Tabungan BRI BritAma senilai Rp20 juta

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.