Sukses

Orang-orang yang Wajib Dijadikan Teman di Kantor, Siapa Saja?

Inilah orang-orang yang wajib dijadikan teman di kantor

Liputan6.com, Jakarta Bekerja merupakan momen di mana Anda akan bertemu dengan banyak orang. Orang-orang yang ditemui ini pastinya memiliki karakter serta posisi yang berbeda-beda.

Beragam posisi dan karakter ini pastinya akan ada yang membuat Anda nyaman, tapi tak jarang juga ada yang membuat Anda merasa risih. Tapi, jika Anda ingin mencapai kesuksesan, ada beberapa golongan orang yang patut untuk dijadikan sebagai kawan.

Bahkan sudah seharusnya jika Anda harus akrab dengan golongan tersebut. Mengapa harus demikian? Karena golongan orang-orang tersebut akan mampu memberikan dampak yang positif tehadap diri dan perkembangan karier.

Lalu, siapakah golongan orang-orang itu? Inilah orang-orang yang wajib dijadikan teman di kantor, seperti dikutip dari Cermati.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pimpinan atau Bos

Pimpinan menjadi orang pertama yang harus dijadikan sebagai kawan baik di kantor. Meskipun untuk berkawan dengan pimpinan bukan merupakan hal yang mudah, harus dilihat dulu bagaimana karakternya.

Melihat karakter seseorang setidaknya harus berhadapan atau pernah bertatap muka. Namun hal ini bukan hal yang mudah, apalagi jika pimpinan perusahaan bukan orang yang berasal dari negara yang sama atau pimpinan Anda adalah orang yang jarang sekali ke kantor.

Jika demikian, bagaimana cara melihat karakter pimpinan? Cara paling mudah adalah dengan melihat dan memahami visi-misi perusahaan tempat Anda bekerja. Biasanya visi-misi dapat mencerminkan karakter pimpinan.

Ketika ada kesempatan untuk bertemu, Anda telah memiliki topik yang bisa digunakan untuk membuka obrolan dengan pimpinan. Misal terkait dengan apa yang sekarang sedang dikerjakan atau tentang target yang sedang dikejar, baik itu untuk pribadi ataupun perusahaan.

Berteman dengan pimpinan dan melakukan cara-cara tersebut memang akan terasa canggung. Muncul rasa takut untuk memulai obrolan itu pasti. Tapi jika berhasil menaklukkan hal tersebut, kemungkinan besar pimpinan akan menjadi salah satu kawan baik di kantor.

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh jika berteman dengan pimpinan. Pertama, Anda akan lebih dihargai sebagai karyawannya. Kedua, pimpinan akan lebih terbuka. Ketiga, jika Anda benar-benar akrab dengan pimpinan maka ia tidak akan segan memberikan saran dan masukan untuk kepentingan karier Anda.

3 dari 6 halaman

2. Rekan Kerja, Termasuk Pesaing

Teman kerja biasanya dianggap menjadi saingan di lingkungan kantor. Tujuannya agar mampu bersaing secara sehat di dunia kerja. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Seharusnya, teman kerja dijadikan sebagai salah satu kawan baik di lingkungan kantor. Bahkan ada yang berpendapat bahwa berteman baik dengan saingan kerja mampu membuat Anda lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan mendapat hasil yang tak kalah baik.

Selain berteman baik, ada juga yang berpendapat untuk sering-sering mengajak saingan berkomunikasi atau makan siang bersama. Cara tersebut mampu menjadikan jalinan pertemanan yang dibangun bersama saingan Anda menjadi lebih dekat. 

4 dari 6 halaman

3. Karyawan Terbaik

Berteman baik dengan karyawan terbaik akan mendatangkan banyak manfaat bagi Anda. Salah satunya adalah dengan belajar lebih banyak cara mengerjakan hal-hal terbaik yang bisa dilakukan di kantor.

Untuk berteman dengan golongan seperti ini dapat dimulai dengan menyapanya dan bersikap ramah. Jika ada kesempatan bertatap muka atau mengerjakan proyek bersama, jangan sungkan menyapanya terlebih dahulu dan memulai obrolan.

Hal yang perlu diingat sebelum mengajak berbincang lebih baik Anda cari tahu terlebih dahulu info yang berhubungan dengan orang ini, seperti hobi, asal daerah, makanan kesukaan, atau hal yang tidak disukai. Tujuannya agar obrolan yang dibangun bisa nyambung.

Setelah sukses ngobrol bareng, langkah selanjutnya adalah dengan meminta nomor kontak agar komunikasi tetap berjalan dan terjaga. Sehingga, Anda dan orang ini mampu berteman baik atau bahkan menjadi sahabat.

5 dari 6 halaman

4. Mentor atau Pembimbing

Mentor biasanya berasal dari karyawan senior ataupun karyawan yang memiliki skill khusus dan pengalaman yang cukup banyak. Apabila di kantor tempat kamu bekerja terdapat mentor yang membimbingmu, maka tak salah jika berusaha untuk menjadikannya kawan baik.

Berteman baik dengan mentor dapat membantu diri melihat dan memahami kantor dari persperktif yang berbeda. Selain itu, mentor juga dapat membantu Anda untuk berpikir bagaimana cara membuat kantor lebih maju.

Memulai pertemanan dengan mentor dapat menggunakan cara-cara berteman baik yang telah dipraktikan dengan orang-orang kantor sebelumnya.

6 dari 6 halaman

5. Jika Anda Pemimpin, Bertemanlah dengan Bawahan

Apabila Anda menjadi pemimpin beberapa staff, sudah menjadi keharusan untuk bisa berkawan baik dengan mereka. Jangan pernah bersikap yang memberikan kesan meremehkan mereka.

Mereka akan lebih hormat dengan pimpinan yang mampu merangkul dan mengayomi. Jika rasa hormat mereka kepada pimpinan sudah terbentuk, maka mereka tidak segan untuk memberikan pekerjaan terbaik bagi divisi.

Dengan demikian, mereka juga turut membantu mengembangkan tim untuk lebih baik. Cara berteman dengan mereka bisa dimulai dari mencari tahu tujuan mereka dan membantu mencapainya.

Bangun komunikasi, sekali-sekali mintalah pendapat mereka terkait dengan cara-cara pengembangan tim selanjutnya. Jangan lupa sampaikan terimakasih atas pendapat yang telah diberikan.

Jika dirasa pendapat tersebut baik dan sesuai, maka pendapat-pendapat tersebut bisa dipraktikan. Jangan gengsi untuk menyapa mereka terlebih dahulu jika bertatap muka atau juga bisa menanyakan tentang pekerjaan hari ini, bisa juga bertanya tentang liburan di minggu kemarin.

Jalin Hubungan Baik Demi Kemajuan Bersama

Tidak dapat dipungkiri bahwa teman adalah salah satu bagian yang penting dalam kehidupan, begitu juga di lingkungan kerja. Teman dapat membawa pengaruh positif, tetapi tak jarang juga dapat membawa aura negatif. Untuk itu, memilih teman menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini