Jamin Aman saat Natal dan Tahun Baru, Begini Kondisi Stok BBM dan Elpiji

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 20 Des 2019, 21:21 WIB
Diperbarui 20 Des 2019, 22:17 WIB
Pemerintah Subsidi Solar

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji selama perayaan Natal dan Tahun Baru dalam kondisi aman, dengan ketahanan stok sesuai kebutuhan.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, ketahanan stok nasional untuk BBM jenis bensin berada pada kisaran 19 hari. Sementara solar sebanyak 16 hari, Avtur sebanyak 15 hari sedangkan LPG sebanyak 17 hari.

Sedangkan untuk mendukung distribusi nasional, Pertamina juga telah menyiagakan sebanyak 116 terminal BBM, 23 terminal elpiji dan 69 DPPU Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang tersebar di Indonesia.

“Pertamina sudah memperhitungkan adanya kenaikan permintaan BBM sejalan dengan beroperasinya berbagai jalur tol baru yang akan difungsikan pada Natal dan Libur Tahun Baru seperti Jakarta-Cikampek (elevated), Palembang – Bakauheni dan Balikpapan –Samarinda,” kata Fajriyah, di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Menurutnya, ketahanan stok yang disiapkan Pertamina telah mengantisipasi adanya kenaikan permintaan BBM sekitar 5 persen dan Elpiji sekitar 3 persen di bandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

 

Pemudik Sepeda Motor Ramaikan SPBU di Brebes
Petugas mengisi bahan bakan ke sepeda motor pemudik di SPBU kawasan Brebes, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). Sejumlah SPBU di Brebes terpantau ramai oleh para pemudik yang mengisi bahan bakar kendaraannya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Upaya meningkatkan pelayanan BBM Pertamina juga menyiagakan layanan khusus pada jalur mudik berupa Kiosk Pertamax sebanyak 4 titik, armada motor kemasan 19 titik dan SPBU Kantong di 123 titik.

Layanan ini di luar fasilitas regular Pertamina pada jalur utama mudik yakni jalur Pantura (Pantai Utara) Arteri sebanyak 219 SPBU, Jalur Pansela (Pantai Selatan) sebanyak 77 SPBU, Jalur Tol Jawa 72 SPBU, Jalur Tol Sumatera 14 SPBU dan Jalur Tol Kalimantan 1 SPBU.

“Kami akan memberikan pelayanan energi terbaik agar masyarakat bisa dengan aman dan tenang di perjalanan untuk merayakan Natal dan Tahun Baru,” imbuh Fajriyah.

Sedangkan untuk layanan Elpiji, Pertamina telah menyiagakan 638 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE), 3.264 agen Ellpiji baik subsidi maupun non subsidi dan 32.258 pangkalan Elpiji siaga.

“Dengan jumlah titik layanan sebanyak itu, maka Pertamina memastikan layanan kebutuhan LPG tetap dapat terlayani dengan baik selama masa Natal dan Tahun Baru,” tandasnya.