Sukses

6.800 Rumah Tangga Tak Mampu di NTB Dapat Sambungan Listrik Gratis

Penyambungan listrik gratis oleh PLN untuk masyarakat tidak mampu akan‎ memperluas jangkauan kelistrikan atau rasio elektifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memberikan sambungan listrik gratis untuk 6.800 rumah tangga (RT) tidak mampu di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Langkah tersebut sebagai upaya meningkatkan rasio elektrifikasi.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) Rudi Purnomoloka mengatakan, dalam memberikan penyambungan listrik gratis, PLN UIW NTB sinergi bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pemerintah Provinsi NTB, beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan.

"Ini merupakan komitmen PLN untuk terus melistriki seluruh masyarakat. Alhamdulillah usaha kami mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk sinergi melistriki masyarakat tidak mampu," kata Rudi, di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Sepanjang 2019, komitmen penerimaan bantuan yang disalurkan oleh PLN berasal dari Kementerian ESDM sebanyak 1.525 Rumah Tangga (RT), Pemerintah Provinsi NTB sebanyak 950 RT, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara International Lombok sebanyak 318 RT, PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara sebanyak 2.500 RT, PT PELNI (Persero) sebanyak 100 RT, PT ASABRI sebanyak 50 RT, dan PT Pontil sebanyak 200 RT.

Sementara PLN memberikan bantuan pasang baru listrik untuk 1.157 RT, dengan rincian 1.000 RT dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) dan 157 RT berasal dari Program One Man One Hope (OMOH).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rasio Elektrifikasi

Penerima bantuan pasang baru listrik gratis ini tersebar di seluruh NTB, yaitu Kabupaten Bima sebanyak 575 RT, Kota Bima sebanyak 83 RT, Kabupaten Dompu 181 RT, Kabupaten Sumbawa sebanyak 1.360 RT, Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 397 RT, Kabupaten Lombok Barat sebanyak 887 RT, Kabupaten Lombok Tengah 2.197 RT, Kabupaten Lombok Timur sebanyak 869 RT, Kabupaten Lombok Utara sebanyak 201 RT.

Menurut Rudi, penyambungan listrik gratis untuk masyarakat tidak mampu akan‎ memperluas jangkauan kelistrikan atau rasio elektifikasi. Hingga bulan November 2019, rasio elektrifikasi di NTB telah mencapai 99,6 persen.

"Dengan sinergitas antara PLN dengan berbagai pihak diharapkan dapat terus meningkatkan rasio elektrifikasi hingga seluruh masyarakat di NTB dapat terlistriki," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.