Sukses

7 Cara Menyisihkan Uang Saat Natal

Ini mungkin waktu yang paling sakral setiap tahun, tetapi Desember juga menjadi saat yang paling sulit secara finansial.

Liputan6.com, Jakarta Momen Natal menjadi yang dinanti seluruh Umat Kristiani di seluruh dunia. Memberikan hadiah kepada keluarga, saudara dan teman menjadi tradisi saat  merayakan Natal.

Membeli hadiah tentu terkait dengan kondisi keuangan. Anda harus memiliki perencanaan sendiri untuk menyiapkan hadiah tersebut. Ini agar tidak menggangu arus kas keuangan.

Berikut adalah beberapa tips keuangan saat Natal dan Tahun Baru, seperti mengutip Goodhousekeeping, Senin (23/12/2019):

1. Pantau dan buat pengeluaran lebih kecil untuk beberapa waktu saja, menjelang Natal khususnya

2. Tetapkan anggaran dan konsisten

Buat daftar semua orang yang Anda ingin belanjakan dan berapa banyak kemampuan untuk membelanjakan masing-masing berdasarkan pendapatan yang tersedia.

3. Buat 'hadiah keluarga' atau Santa Rahasia

Strategi ini bagi Anda yang memiliki banyak kerabat, keluarga besar dan kelompok teman untuk dibelanjakan. Ini adalah cara yang bagus untuk menekan biaya.

Kotak besar berisi buku, kaleng biskuit atau permen, atau permainan papan bisa menjadi hadiah keluarga yang luar biasa.

4. Awasi rekening bank dan kartu kredit

Jika bank Anda memberi Anda peringatan ketika akun Anda saat ini turun di bawah jumlah yang ditentukan, ikuti anjurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bijak Berbelanja, Jangan Boros!

5. Meskipun menggoda, cobalah untuk menghindari tawaran 'beli sekarang, bayar nanti'kecuali Anda memiliki rencana untuk membayar kembali jumlah pinjaman dalam periode bebas bunga.

Kalau tidak, setelah fase 0 persen berakhir, Anda akan dikenakan tingkat bunga yang agresif. Itu akan berdampak negatif pada skor kredit Anda.

6. Hindari membeli hadiah dengan kartu kredit kecuali Anda dapat membayar penuh saat tagihan masuk.

7. Buat setiap pembelian menjadi pembelian yang bijak.

Nikmati semangat meriah saat Anda berbelanja tetapi jangan lengah dan menyerah pada 'penawaran khusus'. Meskipun sangat menyenangkan untuk berhenti di bar sampanye atau berbelanja di atas rata-rata biasanya.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini