Sukses

Bakal Ada Pipa Gas yang Menyambung Jawa dengan Sumatera

Saat ini, dari 7 ribu MMSCFD produksi gas nasional, sebanyak 60 persen sudah dialokasikan untuk dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menyambung pipa gas sepanjang Sumatera dengan Jawa. Hal ini untuk mengoptimalkan penyerapan gas bumi di dalam negeri.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan, gas bumi menjadi sumber energi yang memberikan manfaat kesejahteraan bagi masyarakat. Alasannya, gas bumi harganya murah dan dan lebih ramah lingkungan dibanding Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Ke depan tren penggunaan energi bersih dan lebih murah," kata Ego, saat meninjau jaringan gas bumi di Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat, Selasa (17/12/2019).

Untuk mengoptimalkan penyerapan gas bumi di dalam negeri, pemerintah merencanakan pembangunan pipa gas bumi yang tersambung dari Sumatera hingga Jawa. Saat ini, sebagian ruas pipa di Sumatera dan Jawa pun sudah dalam pembangunan.

"Sebagian Sumatera sudah tersambung pipa gas, Dumai sedang dibangun, di Jawa ada Cirebon-Semarang jadi priorits pemerintah," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirumuskan 2020

Ego menargetkan pembangunan pipa gas Sumatera hingga Jawa dilakukan secepatnya, perencanaan Proyek tersebut akan dirumuskan pada 2020. Dia pun berharap ada investor yang tertarik berinvestasi membangun pipa gas tersebut, sehingga pada 2021 penyambungan pipa gas Sumatera Jawa Dapat terwujud.

"Kita ingin secepat mungkin, tahun depan mulai perencanaan. kalau bisa 2020 ada investor 2021 (tebangun) bagus," ujarnya.

Ego pun menjamin, Pasokan gas produksi dalam negeri cukup untuk memenuhi kebutuhan. Saat ini, dari 7 ribu MMSCFD produksi gas nasional, sebanyak 60 persen sudah dialokasikan untuk dalam negeri.

"Produksi gas bumi nasional harus untuk penggunan dalam negeri dan kesejahteran masyarakat Indonesia," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • pipa gas