3 Trik Berbagi Info Soal Gaji dengan Rekan Sekantor

Oleh Siska Amelie F Deil pada 18 Des 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 18 Des 2019, 06:00 WIB
Rekan kerja di kantor
Perbesar
Rekan kerja di kantor (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini, masih banyak karyawan yang merasa tidak nyaman jika rekan kerja sekantor mengetahui jumlah gajinya setiap bulan. Bahkan sekadar membahas soal gaji biasanya enggan dilakukan para pegawai pada umumnya.

Melansir laman CNBC, Rabu (18/12/2019), hasil survei yang dilakukan platform jejaring profesional Blind, menunjukkan bahwa 50 persen pegawai hanya akan terbuka soal gaji jika rekan kerjanya juga melakukan hal yang sama.

Survei yang melibatkan sebanyak 6.000 responden tersebut juga mengungkap bahwa sebanyak 35 persen pegawai telah memberitahu jumlah gajinya pada sedikitnya satu rekan kerja di kantor.

Sementara itu, 27 persen lainnya menganggap bahwa urusan jumlah gaji tak perlu dibahas secara terbuka. Namun jika Anda ingin mencoba berbagai informasi jumlah gaji pada rekan di kantor, lakukan tiga trik berikut:

1. Cari tempat yang nyaman untuk bicara

Untuk memulai membahas gaji, carilah ruangan yang tidak terlalu terbuka seperti ruang rapat di mana Anda dan rekan kerja bisa bicara berdua. Untuk mempermudah jalannya komunikasi, Anda yang harus terbuka lebih dulu mengenai jumlah gaji Anda.

 

2 dari 2 halaman

2. Bersikap transparan pada rekan kerja

Lakukan 15 Hal Ini untuk Menyambut Usia 30an yang Lebih Baik
Perbesar
Tips kerja.

 

Saat ingin membuka percakapan tentang gaji, penting bagi Anda untuk menunjukkan niat Anda untuk terbuka soal jumlah gaji. Bahaslah tentang betapa pentingnya berbagi informasi soal gaji masing-masing.

Yakinkan padanya, bahwa Anda tidak akan pernah membagi informasi yang akan dibahas pada siapapun.

3. Gunakan informasi gaji secara bijak

Setelah Anda mengetahui jumlah gaji rekan Anda, pastikan tujuan Anda benar. Misalnya, untuk mengetahui apakah bayaran Anda terlalu rendah, lebih tinggi, atau tak jauh berbeda dari rekan kerja dengan posisi setara di kantor.

Informasi tersebut, dapat menjadi modal bagi Anda untuk berbicara dengan atasan dan kembali membahas kesesuaian gaji Anda di kantor.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait