Sukses

5.000 Bus Tak Layak Jalan Hadapi Mudik Natal dan Tahun Baru

Kementerian Perhubungan terus menyelenggarakan ramp check bus dalam rangka penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan telah melakukan inspeksi keselamatan armada bus (ramp check) yang akan mengantarkan masyarakat ke wilayah tujuan saat libur natal dan tahun baru (Nataru). Hasilnya ada 5 ribu bus yang tidak lolos uji.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerin Perhubungan Budi Setyadi mengatakan ramp chek dilakukan regulator dan operator bus. Saat ini ramp check telah dilakukan pada 13.883 bus reguler dan pariwisata dari target 15 ribu bus reguler dan pariwisata.

"Di 2019 kita juga gelar ramp check yang diselenggaralan operator sendiri. Jadi ramp check mandiri supaya ada tanggung jawab operator siapkan kendaraan baik," kata Budi, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Budi pun mengimbau, masyarakat untuk lebih seletif menggunakan bus dan memastikan bus yang ditumpangi saat libur Nataru sudah lolos uji.

"Yang tak lolos 5 ribuan nanti ada perbaikan sehingga ramp check lagi, sekarang yang lolos 8 ribuan," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Penyebab

Direktur Sarana Transpotasi Jalan Sigit Irfansyah‎ megungkapkan, ada dua penyebab bus tidak lolos uji. Pertama, tidak memenuhi ketentuan teknis karena KIR mati sehingga ramp chek rutin tidak dilakukan dan administrasi berupa izin pengoperasian bus yang mati.

‎‎"Mereka segera malakukan KIR teknis dilapangan. Kedua, masalah admisitrasi perizinan belum perpanjang atau memang belum terdaftar," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.