Sukses

Wah, Deretan Uang Kuno Ini Dijual dengan Harga Selangit

Ternyata uang kuno berikut ini dijual dengan harga selangit. Apa sajakah itu? Ini ulasannya

Liputan6.com, Jakarta Sejak pertama kali ditemukan, uang adalah alat tukar yang masih dipertahankan fungsinya hingga sekarang. Sejak zaman dahulu, uang menjadi alat tukar menukar yang efektif karena memiliki nilai jelas dan mudah penggunaannya.

Meskipun terkadang tiap mata uang nilainya tidak stabil, namun hal ini masih lebih baik dibanding metode alat tukar lain seperti barter. Di Indonesia, uang sudah dipakai sejak Kerajaan Mataram Kuno yang terbuat dari emas dan perak.

Di luar negeri pun uang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Dalam beberapa waktu, uang telah mengalami pergantian bentuk dan nilai, sehingga ada istilah uang kuno atau uang zaman dulu (jadul).

Bisa dibilang uang kuno adalah salah satu jenis peninggalan sejarah. Tak jarang uang kuno ini memiliki harga mahal dan banyak diburu orang karena unik dan langka.

Kini uang kuno memiliki harga yang selangit dibanding saat dia diciptakan dahulu. Tahukah? Ternyata uang kuno berikut ini dijual dengan harga selangit. Apa sajakah itu? Ini ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Uang Jadul Koin ‘Edward III Florin’

Koin Edward III Florin diklaim adalah koin terkuno yang masih ada saat ini karena dirilis pada tahun 1343 Masehi. Koin ini bisa diselamatkan dan kini menjadi incaran para kolektor dunia.

Karena kondisi itulah membuat uang Edward III Florin menjadi salah satu koin yang masih bertahan hingga kini meski usianya sudah ratusan tahun.

Edward III Florin yang dikenal tahan lama ini ternyata juga hanya berjumlah tiga buah saja di seluruh dunia.

Pantas saja jika koin ini banyak diincar oleh kolektor kelas dunia dan memiliki harga sekitar Rp92 miliar rupiah saat ini. Gimana, berani koleksi mata uang ini?

3 dari 7 halaman

2. Uang Jadul ‘Flowing Hair Silver/Copper Dollar’

Flowing hair atau Copper Dollar adalah uang kuno yang berasal dari Amerika Serikat dan dibuat pada sekitar tahun 1794 -1795. Karena menjadi barang langka, membuat harga koin ini sangat tinggi bahkan diklaim yang tertinggi saat ini.

Koin flowing hair silver ditaksir nilainya sekitar USD 10 juta atau setara Rp170 miliar yang tentunya bukan nilai yang sedikit. Mahalnya koin ini karena memiliki ciri khas unik, bersejarah, dan terdiri atas perak serta tembaga.

4 dari 7 halaman

3. Uang Jadul ‘Silver Dollar Class l’

Salah satu uang kuno dari Amerika Serikat ini dikeluarkan sekitar 1804 dan menjadi barang langka saat ini. Hal ini karena koin ini bukan merupakan uang resmi melainkan menjadi souvenir atas datangnya utusan dagang Asia pada masa itu. Dengan motif yang unik dan rumit, membuat harga koin ini cukup tinggi, yakni sekitar Rp51 miliar.

5 dari 7 halaman

4. Uang Jadul ‘Double Eagle’ (Elang Ganda)

Double Eagle masih berasal dari Amerika Serikat, koin ini dirilis tahun 1933 sehingga jika disebut uang kuno koin ini tergolong masih baru. Namun, koin ini termasuk istimewa karena pada tahun itu emas dilarang dimiliki karena krisis ekonomi.

Koin ini pun berhenti diedarkan dan akhirnya menjadi barang langka. Akibat kebijakan pelarang tersebut double eagle memiliki jumlah terbatas hanya sekitar 13 buah saja dan nilainya melonjak drastis dari USD 20 menjadi USD 7,6 juta atau sebesar Rp103 miliar rupiah.

6 dari 7 halaman

5. Uang Jadul ‘Saint-Gaudens Double Eagle’

Hampir sama dengan double eagle, uang jadul saint-gaudens ini memiliki nilai jual tinggi karena didesain khusus oleh unit produksi Augustus Sains-Gaudens pada tahun 1907. Karena memiliki desain rumit sehingga dari pemerintah Amerika Serikat kesulitan mencetak uang koin ini pada waktu itu. 

Karena kondisi di atas membuat harganya mahal, yakni sekitar USD 7,6 juta atau setara Rp103 miliar. Harga yang selangit ini dikarenakan koin ini terbatas peredarannya serta motifnya yang sangat sulit dibuat.

7 dari 7 halaman

6. Uang Jadul ‘Brasher Doubloon’

Koin ini merupakan koin kuno keluaran 1787 yang dibuat Ephraim Brasher. Saat ini, koin kuno ini tergolong selangit karena dibuat dengan tingkat ketekunan dan kesulitan yang sangat tinggi. 

Brasher doubloon dibuat oleh pandai besi dan terbuat dari emas 22 karat sehingga harganya menjadi selangit saat ini.

Karena beberapa kondisi itulah membuat harga koin ini ditaksir mencapai USD 7,4 juta atau setara Rp100 miliar. Harganya juga meningkat karena kandungan emas dalam koin itu yang terus meningkat dari masa ke masa.

Uang Kuno Bernilai Tinggi

Banyaknya uang kuno dengan harga selangit merupakan sebuah keniscayaan dan berharga mahal karena memiliki keunikan tersendiri. Tentu selain sebagai barang koleksi, nilai jualnya yang tinggi juga bisa dimanfaatkan sebagai aset dan investasi. 

Bila tertarik dan hobi mengoleksi uang kuno dijamin bisa bermanfaat bagi bisnis atau investasi ke depan. Bisa juga beli uang kuno dan jual lagi dengan nilai yang lebih tinggi agar memberi keuntungan. Uang kuno apa yang sudah Anda koleksi?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini