Sukses

Punya 500 Jenis, Indonesia Belum Maksimal Kelola Rumput Laut untuk Ekspor

Para investor lebih memilih Vietnam ketimbang Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Perairan Indonesia memiliki lebih dari 500 spesies rumput laut. Hanya saja, baru beberapa yang bisa dimanfaatkan seperti Eucheuma Cotonii, Gracilaria, dan Sargassum. Padahal Indonesia negara dengan penghasilan rumput laut tertinggi di ASEAN.

"Rumput laut kita punya keunggulan komparatif, di negara-negara ASEAN kita yang terbesar," kata Ketua Asosiasi Rumput Laut Indonesia, Safari Azis saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (13/12).

Tiga jenis rumput laut itu bisa dibudidayakan oleh masyarakat pesisir dan kepulauan. Keunggulan yang dimiliki dari tiga jenis ini bisa jadi satu komoditas ekspor.

Bila ini terus dijaga, akan banyak menghasilkan keuntungan. Misalnya meningkatkan pendapatan daerah dan devisa negara. Akan lebih menguntungkan bila dibuat pabrik pengolahan rumput laut. Nilai jual ekspornya pun akan lebih tinggi 10 kali lipat.

Hanya saja, saat ini celah ini masih belum jadi fokus utama. Misi pemerintah masih pada pengentasan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menambah devisa. Sementara iklim investasi di bidang ini masih kecil. Para investor lebih memilih Vietnam ketimbang Indonesia.

"Faktor daya saing iklim investasi secara umum, orang lebih pilih ke Vietnam," ujar Safari.

 

Reporter:  Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Apalagi pengolahan rumput laut membutuhkan teknologi. Sementara permodalan mandek lantaran bunga bank masih tinggi. Sementara produktivitas tenaga kerja saat ini masih di bawah China dan Vietnam.

Akibatnya, pembudidaya rumput laut di Indonesia kalah saing dalam hal pengolahan. Begitu juga dengan kualitas. Meski jumlahnya hasil rumput laut besar masih perlu dipilah lagi. Lokasi budidaya dan fenomena alam menentukan kualitas.

"Kita belum bisa mengaturnya seperti negara lain yang maju agribisnis (lainnya)," ucap Safari.

Saat ini produksi rumput laut terbesar ada di Kalimantan Utara dan Sulawesi Selatan. Kata Safari, masing-masing wilayah ini memiliki keunikan dari hasil budidayanya. Untuk itu dia berharap para pelaku usaha di bidang ini mendapatkan kemudahan dalam permodalan.

"Kemudahan investasi diperbaiki agar investasi usaha domestik dan internasional bisa masuk dengan baik dan jangka panjang," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.