Sukses

6 Cara Agar Fokus pada Resolusi di Tahun Baru

Setiap orang tentunya memiliki resolusi untuk tahun baru, baik itu tujuan jangka panjang maupun jangka pendek.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentunya memiliki resolusi di tahun baru. Baik itu tujuan jangka panjang, seperti membeli mobil atau rumah, atau tujuan jangka pendek seperti ingin menurunkan berat badan.

Sebenarnya, tujuan itu mudah untuk diraih, jika Anda fokus. Sebaliknya tujuan Anda akan sulit diwujudkan jika tidak konsisten.

Meskipun sulit untuk fokus pada resolusi, dilansir dari laman MagForWomen.com, berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk fokus menyambut resolusi di tahun baru:

1. Buat tujuan yang masuk akal dan memungkinkan

Akan lebih mudah meraih resolusi Anda jika fokus pada satu tujuan. Apabila terlalu banyak resolusi yang perlu diwujudkan dalam waktu dekat, tentu Anda akan stres. Jangan juga membuat tujuan yang terlalu mudah, karena Anda perlu tantangan untuk mengembangkan diri Anda lebih jauh.

2. Bersikap Santai

Ketika Anda ingin mewujudkan tujuan, namun Anda terkendala masalah tidak adanya kemajuan, sehingga akan bosan dan memikirkan ulang tujuan yang Anda pilih. Jangan terlalu memikirkannya, santailah sejenak lalu Anda coba sekali lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Hukum diri Anda

Jika Anda memiliki tujuan ingin menurunkan berat badan, tapi ternyata suatu waktu lupa dan makan banyak. Maka Anda perlu memberi sanksi dan hukuman terhadap diri Anda sendiri.

Bisa jadi menjauhi makanan favorit untuk sementara waktu. Hukuman kecil seperti itu bisa membantu Anda untuk tetap fokus pada hasil yang lebih besar.

4. Mempertimbangkan dampak dari tujuan

Jangan hanya memikirkan tujuan Anda sepanjang waktu, tapi pikirkan juga dampak terhadap kehidupan. Buatlah tujuan yang memberikan dampak positif, seperti ingin kuliah ke perguruan tinggi, maka Anda akan banyak belajar.

5. Merenung

Meditasi membantu Anda fokus pada banyak hal dalam hidup. Cobalah untuk meditasi beberapa menit setiap pagi, mengenai hal apa saja yang sudah Anda lakukan lalu renungkan. Merenunglah ketika pikiran Anda dipenuhi dengan keraguan.

6. Minta bantuan orang lain untuk mencapai tujuan

Jika Anda merasa susah untuk fokus pada tujuan, jangan malu untuk meminta bantuan orang lain, seperti dari anggota keluarga atau teman. Hal itu akan berguna jika Anda sedang malas atau lupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • 2020