Sukses

Bandara Soetta Siap Hadapi Lonjakan Penumpang pada Libur Natal dan Tahun Baru

Setidaknya, ada 14 titik posko kesehatan yang akan disiapkan oleh stakeholders Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020, sejumlah persiapan dilakukan oleh stakeholders di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Bukan hanya Angkasa Pura II dan berbagai maskapai penerbangan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) pun bersiap untuk membuka belasan posko kesehatan di sejumlah titik di bandara.

Setidaknya, ada 14 titik posko kesehatan yang akan disiapkan. Kemudian ditempatkan di Terminal 1, 2 dan 3, serta beberapa titik strategis atau keramaian lain.

Karena dibuka selama 24 jam, setiap posko akan berjaga bergantian dua shift per hari, yang terdiri dari seorang dokter, dua perawat serta dua petugas lain berpatroli keliling terminal untuk memantau arus mudik liburan.

"Posko kami buka per 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, atau hingga arus mudik dan balik dinyatakan selesai," kata Kepala KKP Klas I Bandara Soekarno Hatta, dr Anas Ma'ruf, Rabu (10/12/2019).

Anas juga memastikan, sebelum posko dibuka, pihaknya sudah mengadakan rapat berkali-kali dengan berbagai stake holder, khususnya di bidang kesehatan dan penanganan medis.

"Khusus bidang kesehatan, KKP Bandara Soekarno-Hatta sudah melaporkan rapat koordinasi, yang diundang adalah rumah sakit dan klinik sekitar Bandara Soetta. Kita siap melakukan layanan kesehatan," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angkasa Pura II Libatkan Ribuan Personil

Sementara, Febri Toga Simatupang selaku Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta, mengatakan, akan ada ribuan personil yang akan terlibat di tiap shiftnya.

"Sekali shift atau berjaga itu, ada sekitar 1.200 personil. Bahkan bisa lebih, tergantung tingkat keramaian," tutur Febri.

Mereka terdiri dari Komunitas Bandara Soekarno Hatta (Kombata), yakni petugas Avsec, imigrasi, bea dan cukai, TNI/Polri, dan lainnya.

Kemudian, lanjut Febri, Angkasa Pura II juga memastikan fasilitas yang didapat calon penumpang layak pakai dan tidak ada gangguan selama arus mudik liburan tersebut berlangsung. Misalnya saja lift penumpang, self check in, eskalator traveler, dan lainnya di tiap terminal berjalan tanpa masalah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.