Sukses

Bank Mandiri Targetkan Kredit Tumbuh 9 Persen di 2020

Pertumbuhan kredit Bank Mandiri di tahun depan masih akan ditopang oleh segmen ritel atau konsumer.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan pertumbuhan kredit hanya mencapai 9-10 persen di tahun 2020. Proyeksi ini lebih rendah dari yang disampaikan sebelumnya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI sebesar 10-11 persen.

Direktur Utama Bank Mandiri, Royke Tumilaar, menyebutkan bahwa target pertumbuhan penyaluran kredit di tahun depan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global yang saat ini penuh tantangan dan ketidakpastian. Apalagi pertumbuhan ekonomi tengah mengalami tren penurunan sehingga kredit pun diperkirakan akan sulit tumbuah tinggi.

"Pertumbuhan kredit targetnya mencoba untuk tumbuh dekati 10 persen. Lihat ekonomi saat ini juga tahu diri, kami targetkan 9-10 persen," kata dia, di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Kondisi saat ini, kata dia, membuat kredit tak akan mampu tumbuh tinggi seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. "Sudah enggak bisa seperti tahun-tahun sebelumnya yang tumbuh 14-16 persen," ujarnya.

Namun demikian, dia mengungkapkan pertumbuhan kredit di tahun depan masih akan ditopang oleh segmen ritel atau konsumer. Sehingga akan dilakukan pergeseran dari segmen korporasi yang saat ini masih mendominasi penyaluran kredit.

"Kami akan coba cari keseimbangan marginnya yang bagus, risiko juga enggak terlalu tinggi, itu kita coba shifting ke sana, supaya pertumbuhannya berkelanjutan kedepan. Kami lihat korporaso beberapa tahun terakhir cukup tinggi, nah kami akan coba membawa korporasi itu kolaborasi dengan ritel," ujarnya.

Oleh karena itu, Royke mengakui penyaluran kredit Bank Mandiri tumbuh dobel digit di tahun 2019 akan sangat berat. Menurutnya, kredit akan tumbuh dikisaran 9 persen hingga akhir tahun.

"Berusaha untuk capai 10 persen, tapi kayaknya berat, mungkin sekitar 9 persen is fine (sudah bagus)," ujarnya.

Pelemahan ekonomi global ini juga menekan kinerja korporasi yang menjadi nasabah Bank Mandiri sehingga membuat penyaluran pembiayaan menjadi tersendat lantaran korporasi juga kini banyak yang memilih untuk menahan ekspansi. Padahal, selama ini kredit korporasi mengambil peran paling besar dalam penyaluran kredit Bank Mandiri.

"Korporasi sudah relatif berat growth-nya, kan lihat juga beberapa BUMN sedang konsolidasi, lagi ada perbaikan. Mau shifting ke swastanya juga masih wait and see, ini kan sulit," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja Kuartal III 2019

Sebagai informasi, hingga kuartal III-2019 bank Mandiri mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 7,78 persen atau telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp841,9 triliun. Pertumbuhan tersebut melambat dibandingkan September 2018 yang mampu tumbuh sebesar 13,8 persen.

Hingga akhir September 2019 kredit segmen korporasi mencapai Rp327,7 triliun atau tumbuh 7,6 persen dari periode sama tahun lalu sebesar Rp305,2 triliun. Untuk segmen konsumer, tercatat mencapai Rp88,5 triliun hingga akhir September 2019 atau tumbuh 4,1 persen secara tahunan dari Rp85 triliun.

Lalu kredit mikro mencapai Rp116,4 triliun atau tumbuh 19,4 persen secara tahunan dari Rp97,5 triliun.

Kemudian penyaluran ke kredit SME (Small Medium Enterprise) tercatat sebesar Rp57,5 triliun atau tumbuh 4,5 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp55 triliun. Sedangkan pertumbuhan kredit komersial tercatat mengalami kontraksi yakni -2,7 persen menjadi Rp138 triliun dari September 2018 yang sebesar Rp141,9 triliun.

Adapun penyaluran kredit ke sektor infrastruktur tercatat mencapai Rp198,5 triliun atau 16,9 persen secara tahunan. Sedangkan untuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR), sepanjang Januari-September 2019 sudah disalurkan Rp17,45 triliun atau tumbuh 29,7 persen secara tahunan.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini