Sukses

Kemenhub Siapkan 55 Bus Gratis untuk Mudik Natal dan Tahun Baru

Mudik Natal dan Tahun Baru tahun Kemenhub Siapkan armada ke 5 kota tujuan yaitu Semarang, Jogja, Solo, Boyolali dan Malang.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyediakan bus gratis untuk mengangkut masyarakat pada saat periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Sedianya, bakal ada 55 bus gratis yang akan disiapkan.

"Jadi nanti memang kita uji coba mudah-mudahan meski busnya enggak besar hanya 35 bus (gratis), dari Jasa Raharja 20 bus," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Cucu Mulyana saat ditemui di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Dia mengatakan sejauh ini dari beberapa bus yang disediakan baru terisi sekitar 75 persen. Dia berharap jelang keberangkatan tingkat keterisian bus gratis yang disiapkan pihaknya akan mencapai 100 persen.

"Kursinya baru 75 persen. Sedang kita lihat agar dalam seminggu bisa diisi semua," imbuh dia.

Adapun untuk periode Natal dan Tahun Baru pada tahun ini titik keberangkatkan tidak lagi dilakukan di Monas seperti tahun sebelumnya. Akan tetapi dilakukan di beberapa titik terminal salah satunya adalah di Terminal Pulo Gebang.

"Mudik tahun ini kita ke 5 kota tujuan Semarang, Jogja, Solo, Boyolali dan Malang," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Pelabuhan Tersedia Fasilitas Bus Gratis Saat Mudik Natal dan Tahun Baru

Sebelumnya, 

Tiga pelabuhan di wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terdapat fasilitas angkutan bus mudik gratis ke berbagai kota tujuan untuk sambut Hari Raya Natal dan tahun baru.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung di Surabaya, Sabtu (7/12/2019). Tiga pelabuhan itu antara lain Tanjung Mas Semarang, Jawa Tengah, Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur dan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dari tiga pelabuhan itu, para pemudik akan langsung diantar sampai ke sejumlah kota tujuan menggunakan bus,” tutur dia, dilansir Antara. 

Di antaranya, dari Pelabuhan Tenau Kupang, penumpang yang baru turun dari kapal laut akan diantar menggunakan bus menuju Soe dan Kefa.  Dari Tanjung Mas Semarang, penumpang bisa langsung naik bus menuju Solo dan Yogyakarta.  Selain itu, dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, penumpang bisa diantar bus menuju Bojonegoro, Kediri, Ngawi, dan Madiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.