Sukses

Jelang Harbolnas, Mendag Serukan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri

Mendag Agus Suparamanto membuka acara Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri, di Thamrin City

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto mengajak masyarakat untuk lebih mencintai dan membeli produk dalam negeri. Apalagi sebentar lagi ada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember mendatang, di mana produk dalam negeri dan impor bersaing dan diperjualbelikan di e-commerce. 

“Tujuan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri ini juga untuk menggugah kesadaran dan nasionalisme masyarakat, bangga menggunakan produk dalam negeri,” kata Mendag Agus saat membuka acara Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri, di Thamrin City, Jakarta, Sabtu (7/12). 

Mendag Agus menjelaskan produk dalam negeri saat ini sudah banyak yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar atau barang impor. Bahkan dari segi kualitas, produk dalam negeri dinilai sudah jauh lebih unggul. 

“Kalau kualitas tentu tidak diragukan lagi produk kita ini jauh lebih bagus,” ujarnya.

Terutama untuk produk-produk batik. Dia sangat optimis kualitas batik Indonesia sudah sangat bagus dan bersaing.

Selain itu, dengan membeli produk dalam negeri dia menyebutkan masyarakat telah membantu perekonomian Indonesia. Sebab dalam satu produk lokal, terdapat ratusan bahkan ribuan pekerja UMKM yang terlibat di dalamnya. 

“Beli produk dalam negeri sama saja selamatkan ekonomi bangsa, karena ada ratusan atau ribuan pekerja dalam negeri dalam satu produk yang dibeli,” ujarnya.

Setelah itu, mendag Agus melanjutkan acaranya dengan berkeliling ke toko-toko batik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendag 'Ngontel' ke Pasar Rejosari Cek Harga Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru

Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto menjamin stok persedian bahan kebutuhan pokok mencukupi menjelang Natal dan Tahun Baru. Bahkan, dari hasil pemantauan di sejumlah pasar bahwa harga bahan pokok juga masih stabil.

Menteri Perdagangan bersama dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengunjungi Pasar Rejosari, Solo untuk mengecek harga kebutuhan pokok pada Jumat, 6 Desember 2019.

Menteri Perdagangan dan Wali Kota Solo datang ke pasar tidak naik mobil, melainkan sepeda ontel. Mereka naik sepeda karena sedang mengikuti kegiatan mider projo atau berkeliling dengan naik sepeda menyambangi masyarakat yang dilakukan Wali Kota Solo setiap hari Jumat.

Setibanya di Pasar Rejosari, Agus Suparmanto dan Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy langsung masuk pasar untuk menemui para pedagang. Saat mengecek harga kebutuhan pokok di pasar tersebut, Menteri Perdagangan mengatakan bahwa harga masih terkendali.

"Menyambut Natal dan Tahun Baru ini, kita cek harga-harga di pasar untuk melihat apakan harga-harga menjelang Natal dan Tahun Baru stabil," kata dia ketika ditemui wartawan usai mengunjungi Pasar Rejosari, Solo, Jumat, 6 Desember 2019.

3 dari 3 halaman

Beras Paling Diwaspadai

Selain memastikan harga kebutuhan pokok tidak mengalami lonjakan, Agus juga menjamin bawah stok persedian bahan kebutuhan menyambut Natal dan Tahun Baru masih tercukupi. "Stoknya sembako sekarang alhamdulillah aman. Semua masih sangat cukup stoknya," ujarnya.

Dari sejumlah kebutuhan pokok, ia mengungkapkan bahwa yang perlu diwaspadai adalah beras dan komoditas lainnya. "Jadi seperti beras, daging dan kebutuhan yang sehari-hari lah yang setiap orang akan membelinya untuk bahan pangan," ucapnya.

Setelah menyambangi Pasar Rejosari, kemudian rombongan Menteri Perdagangan dan Wali Kota Solo kembali mengayuh sepeda untuk mengunjungi Pasar Jebres yang letaknya tak jauh dari pasar tradisional sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.