Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Kunciran-Serpong

Oleh Athika Rahma pada 06 Des 2019, 16:28 WIB
Diperbarui 06 Des 2019, 16:28 WIB
Presiden Jokowi resmikan Tol Kunciran-Serpong
Perbesar
Presiden Jokowi resmikan Tol Kunciran-Serpong (dok: Athika)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ruas jalan tol Kunciran-Serpong yang dioperasikan PT Marga Trans Nusantara. Konstruksi ruas tol yang terintegrasi dalam tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) tersebut sudah rampung dan siap digunakan.

Presiden Jokowi menyatakan dengan diresmikannya tol ini, maka konektivitas dari Banten ke Jakarta akan semakin mudah dan cepat.

"Saya suka dapat keluhan, dari Banten ke Jakarta itu, tua di jalan. Dengan demikian, tol ini akan mempermudah akses masyarakat," ujar Jokowi saat meresmikan tol Kunciran-Serpong, Jumat (6/12/2019).

Setelah peresmian, ruas tol sepanjang 11,1 km tersebut siap digunakan oleh masyarakat jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Jalan tol JORR II sendiri memiliki panjang keseluruhan 110,4 km serta terdiri atas enam ruas, meliputi, Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

Adapun jalan tol Kunciran-Serpong merupakan satu dari enam jalan tol yang dimiliki oleh Astra Infra. Lima tol lainnya di antaranya Tol Tangerang-Merak sepanjang (72,4 km), Tol Cikopo Palimanan sepanjang (116,8 km), Tol Semarang-Solo sepanjang (72,6 km), Jombang-Mojokerto sepanjang (40,5 km), dan Tol Surabaya-Mojokerto sepanjang (36,3 km).

2 dari 3 halaman

Presiden akan Resmikan Pabrik Petrokimia dan Jalan Tol di Banten

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Provinsi Banten guna melakukan kunjungan kerja, pada Jumat, 6 Desember 2019. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Provinsi Banten guna melakukan kunjungan kerja, pada Jumat, 6 Desember 2019. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Provinsi Banten guna melakukan kunjungan kerja, pada Jumat, 6 Desember 2019.

Dari Pangkalan TNI AU Atang Sanjaya, Kabupaten Bogor, Presiden dan rombongan lepas landas sekitar pukul 08.10 WIB dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Dalam kunjungan kerja kali ini Presiden Jokowi diagendakan akan meresmikan pabrik new polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Usai salat Jumat dan santap siang bersama, Presiden akan meninjau Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM).

Pada sore harinya, Presiden dijadwalkan untuk meresmikan jalan tol JORR II ruas Kunciran-Serpong di gerbang tol Parigi, Kota Tangerang Selatan.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Banten antara lain, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Selain itu turut serta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, dan Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓