Sukses

Jokowi Terima Delegasi US-ASEAN Business Council, Bahas Kerja Sama Dagang

Presiden Joko Widodo menerima delegasi US-ASEAN business council di Istana Merdeka, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi US-ASEAN business council di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan, Jokowi bertukar pandangan tentang kerja sama antara Indonesia, ASEAN dan Amerika Serikat (AS).

"Kami terbuka untuk kerja sama dengan negara manapun demi mencapai kepentingan yang saling menguntungkan," kata Jokowi, Kamis (5/12).

Jokowi berujar, kehadiran AS tidak hanya menguntungkan ASEAN tetapi juga stabilitas dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik.

Jokowi juga mengaku mengamati hubungan antara Indonesia dan AS cukup kuat khususnya pada kerja sama ekonomi.

"AS adalah mitra dagang terbesar keempat Indonesia. Investasi AS di Indonesia hampir mencapai USD 1,2 miliar. Indonesia dan AS sepakat untuk meningkatkan volume perdagangan sebesar USD 60 miliar hingga 2024," ucap Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Promosikan Kerjasama Ekonomi

Eks Gubernur DKI Jakarta ini berharap delegasi bisnis AS dapat mengoptimalkan peluang untuk mempromosikan kerja sama ekonomi. Terutama dalam pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia.

Jokowi kemudian menyinggung pertumbuhan ekonomi ASEAN pada tahun 2018 yang berada pada angka 5,1 persen. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari rata-rata global.

"Ekonomi Indonesia dalam lima tahun terakhir telah tumbuh lebih dari 5 persen. Indonesia dan ASEAN akan berlari lebih cepat untuk mendapatkan pertumbuhan dan pemerataan," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.