Sukses

4 Jurus Agar Anda Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Berikut empat jurus agar Anda mampu bekerja di bawah tekanan.

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia kerja saat ini, semua karyawan pasti bekerja di bawah tekanan. Perusahaan yang baik memperhatikan kesejahteraan karyawannya, tetapi juga penting bahwa karyawan mereka tahu cara menangani tekanan dengan baik agar tetap sehat.

Secara umum, tekanan adalah perasaan mendesak bahwa kita semua harus bertahan pada berbagai tingkatan sepanjang karier kita dan tugas sehari-hari. Tetapi Anda tetap bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan yang sedang Anda alami.

Dikutip dari Laruno, berikut empat jurus agar Anda mampu bekerja di bawah tekanan:

1. Evaluasilah tantangan dan risiko yang Anda ambil

Evaluasi biasanya memberi kita metode untuk menangani tekanan. Begitu pikiran kita jernih, kita bisa memikirkan solusi daripada masalah itu sendiri.

Salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam menghindari tekanan adalah mengatakan "tidak",  jika Anda tahu bahwa tugas dapat dilakukan, maka itu akan dilakukan.

Jika Anda pikir itu tidak bisa dilakukan, evaluasi ini memberi Anda kesempatan untuk mencari cara yang dapat dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Rencanakan sebelumnya dan tanyakan pada diri Anda

Rencana awal Anda mungkin berubah dari satu tahap ke tahap lainnya, atau bahkan gagal. Tetapi kemampuan untuk mengubah jalur dengan cepat dan akurat adalah kuncinya. Miliki rencana pemulihan dalam pikiran ketika Anda mulai merencanakan untuk tantangan ke depan.

Pikirkan alternatif, meskipun Anda tidak membutuhkannya, itu akan membantu Anda menangani tekanan dengan baik dan Anda akan siap untuk hal yang tidak terduga.

3. Pertahankan kendali atas diri Anda sendiri

Reaksi Anda terhadap berbagai tantangan adalah bagian dari proses pembelajaran, dan terkadang perlu mengambil langkah mundur ketika menghadapi tantangan.

Pastikan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat, yang akan memungkinkan Anda untuk memahami peluang Anda dengan lebih baik bahkan di tengah situasi yang sulit.

Dengan cara ini, Anda mempertahankan kontrol, memecahkan masalah, dan memberi contoh untuk tim Anda.

3 dari 3 halaman

4. Ingat bahwa manusia bekerja dengan baik di bawah tekanan

Sebagian dari kita secara alami tahu bagaimana bekerja dengan baik di bawah tekanan, bahkan mereka yang tidak begitu berbakat untuk beradaptasi.

Anggaplah tekanan seperti tantangan dan Anda senang menyelesaikan tugas-tugas sulit yang membuat Anda terus maju.

Oleh karena itu, kebanyakan orang berhasil daripada gagal di bawah tekanan.

Jadi, jangan memandang tekanan sebagai sesuatu yang negatif, melainkan menerimanya dan melihatnya sebagai peluang. Anda harus memperhatikan sifat tekanan yang Anda rasakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini