4 Aturan Penting Mengatur Kekayaan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 18 Des 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 19 Des 2019, 16:13 WIB
Ilustrasi miliarder (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Semua pasti bercita-cita menjadi kaya. Kemudian mempertahankan untuk jangka panjang yang selanjutnya menjalani kehidupan yang bahagia dan damai.

Namun, kadang untuk mempertahankan kekayaan tersebut banyak yang kurang disiplin. Padahal, harus diketahi bila mengatur kekayaan membutuhkan proses jangka panjang yang tumbuh seiring dengan waktu.

Nah, untuk mencapai itu, ada beberapa aturan dalam mempertahankan kekayaan tersebut, terlepas dari tujuan keuangan Anda.

Dikutip dari Laruno, berikut empat aturan untuk mengatur kekayaan:

1. Ketahuilah nilai Anda yang sebenarnya

Ini adalah langkah pertama untuk membuat rencana keuangan yang solid untuk diri sendiri. Ketika Anda tahu detail  nilai kekayaan bersih, tentu bisa mengetahui jumlah aset dan kewajiban. Mengetahui kekayaan bersih memungkinkan Anda untuk menghadapi realitas situasi keuangan saat ini.

Tinjauan atas kekayaan bersih membantu menentukan di mana tepatnya Anda berdiri. Ini menunjukkan kemana uang pergi, ini juga memberi peringatan jika tidak menuju ke arah yang benar.

2 dari 3 halaman

2. Minimkan Pengeluaran

banner infografis gaji pns dki
Ilustrasi Gaji

Untuk menciptakan kekayaan, Anda harus memiliki dana surplus untuk berinvestasi di pasar. Anda tidak seharusnya menghabiskan semua penghasilan bulanan untuk kesenangan. Membuat anggaran bulanan adalah cara terbaik untuk memulai.

3. Beinvestasi dengan bijak

Anda harus memiliki sisa dana untuk berinvestasi. Namun, ada begitu banyak skema dan produk di pasar untuk diinvestasikan. Jangan pertaruhkan uang hasil jerih payah pada produk yang rumit untuk dipahami.

Kualitas aset yang layak dapat menawarkan pertumbuhan modal dan juga pendapatan, Anda perlu mempertimbangkan sebelum berinvestasi dalam instrumen keuangan apa pun.

Berbicaralah dengan ahli keuangan untuk rencana pengelolaan kekayaan agar terorganisir dengan baik.

 

3 dari 3 halaman

4. Rencana pensiun

Orang Tua yang Rutin Konsumsi Ikan, Fisiknya Jauh Lebih Kuat
(Foto: Ilustrasi)

Merencanakan pensiun adalah bagian penting dari rencana manajemen kekayaan. Anda perlu berinvestasi sedemikian rupa bahkan setelah kehidupan sukses.

Anda dapat memiliki sumber penghasilan tetap dan terus membangun kekayaan, juga dapat memanfaatkan pajak tertentu. Lebih penting lagi, Anda akan memiliki kedamaian pikiran.

Lanjutkan Membaca ↓