Sukses

KAI Luncurkan Kereta Dharmawangsa, Rute Jakarta-Surabaya

KAI pagi ini meluncurkan kereta api baru rute Stasiun Pasar Senen-Stasiun Surabaya Pasar Turi

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan Kereta Api Dharmawangsa, dengan rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi (PP). Peresmian pengoperasian KA Dharmawangsa ini dilaksanakan oleh Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, di Stasiun Pasar Senen.

"Dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, kami berharap dapat mengakomodir kebutuhan perjalanan KA para pelanggan yang ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sekaligus dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta api dalam setiap perjalanannya," kata Edi di Stasiun Pasar Senen, Senin (2/12/2019).

Bertambahnya KA baru keberangkatan di wilayah Daop 1 Jakarta ini, sesuai dengan keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

Jadwal keberangkatan KA Dharmawangsa dimulai pukul 8.25 WIB dari Pasar Senen, dengan beberapa pemberhentian di stasiun Pagadenbaru, Cirebon Perujakan- Brebes- Tegal- Pekalongan- Waleri-Semarang Tawang-Ngrombo-Randublatung-Cepu-Bojonegoro- Babat- Lamongan dan akan berakhir di stasiun Surabaya Pasar Turi pada Pukul 19.30 WIB.

KAI menawarka nsetiap perjalanannya KA Dharmawangsa akan memakan waktu tempuh selama 11 jam 5 menit (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi). KA ini memiliki tiga kereta eksekutif dengan kapasitas 150 tempat duduk (TD) dan enam kereta ekonomi dengan kapasitas 636 TD. Dengan demikian jumlah keseluruhan yang disediakan adalah 786 TD.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Tiket

Sementara untuk harga tiket KA Dharmawangsa, PT KAI menerapkan tarif batas bawah dan batas atas. Yakni dari stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi untuk weekday kelas Eksekutif seharga Rp 350 ribu - Rp 390 ribu. Sedangkan, untuk kelas Ekonomi Rp 150 ribu.

Untuk weekend, kelas eksekutif Rp 350 ribu - Rp 480 ribu, dan kelas ekonomi Rp 150 ribu - Rp 160 ribu.

 

3 dari 3 halaman

Filosofi Nama Kereta

Terkait nama yang diberikan oleh PT KAI, pada KA yang baru diluncurkan ini dinamakan "Dharmawangsa", ternyata ada filosofinya.

"Filosofi dinamakan KA Dharmawangsa karena, Dharmawangsa sendiri adalah nama seorang raja kerajaan Medang, yaitu mertua sekaligus paman dari Raja Airlangga dari kerajaan Kahuripan. Kerajaan Medang yang berasal dari Jawa Timur ini merupakan kerajaan besar yang menurunkan raja-raja besar di pulau Jawa. Maka, diharapkan dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, PT KAI kedepannya semakin besar, jaya, dan terus menigkatkan pelayanan kepada pelanggan," jelas Edi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.