Top 3: Pertamina Bakal Punya Kilang Minyak Tercanggih di Dunia

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 02 Des 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 02 Des 2019, 08:00 WIB
20160414- Kilang Pengolahan Minyak Terbesar ke-2 di Indonesia-Kalimantan- Fery Pradolo

Liputan6.com, Jakarta - Proyek pembangunan kilang minyak PT Pertamina di Tuban menelan dana USD 15 miliar hingga USD 16 miliar atau sekitar Rp 225 triliun (asumsi kurs Rp 14.084). Pembangunan kilang ini ditargetkan selesai pada 2026.

Sebagai salah satu kilang tercanggih di dunia, Kilang Pertamina Tuban memiliki kapasitas pengolahan sebesar 300 ribu barel per hari yang akan menghasilkan 30 juta liter BBM per hari untuk jenis gasoline dan diesel.

Kilang Tuban juga akan menghasilkan 4 juta liter avtur per hari serta produksi petrokimia sebesar 4.25 juta ton per tahun. Selain itu, bahan bakar minyak yang dihasilkan akan bersifat ramah lingkungan.

Artikel mengenai pembangunan kilang Pertamina ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artilel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Senin 2 Desember 2019:

1. Tercanggih di Dunia, Kilang Pertamina Tuban Telan Rp 225 Triliun

Proyek pembangunan kilang minyak PT Pertamina di Tuban menelan dana USD 15 miliar hingga USD 16 miliar atau sekitar Rp 225 triliun (asumsi kurs Rp 14.084).

"Pertamina menginvestasikan sekitar USD 15-16 miliar yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2026," tutur Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, mengutip keterangan pers, Minggu (1/12/2019).

Pembangunan kilang minyak di lahan seluas 900 hektare ini, bakal memberi dampak besar bagi masyarakat di wilayah tersebut.

"Ini salah satu proyek prestisius dan sangat strategis dalam membangun kemandirian dan kedaulatan energi nasional. Dampaknya juga tentu akan sangat besar dirasakan masyarakat sekitar proyek, khususnya Tuban dan sekitarnya,” pungkasnya.

Baca artikel selengkapnya di sini

 

2 dari 4 halaman

2. Pendaftaran CPNS Telah Ditutup, 10 Formasi Ini Nihil Peminat

Sistem Tes Seleksi CPNS Berbasis On-line, Disimulasikan
Sistem tes seleksi CPNS berbasis online merupakan terobosan baru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menyampaikan pembaruan status pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Dilaporkan dari akun media sosial Facebook Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia @BKNgoid, tercatat ada 5.044.482 orang yang sudah membuat akun hingga 30 November 2019. Angka ini naik sekitar 20 ribu dari hari sebelumnya.

Kemudian, 4.406.310 orang sudah mengisi formulir di akun mereka namun belum mensubmitnya. Sementara, total pelamar yang sudah submit dan telah mendapat kartu pendaftaran CPNS 2019 mencapai 4.132.739 orang.

Kementerian Hukum dan HAM masih jadi instansi dengan pelamar terbanyak, begitu pula dengan formasi Sipir baik pria maupun wanita. Total pelamar instansi ini menyentuh angka 708.488 orang.

Baca artikel selengkapnya di sini

 

3 dari 4 halaman

3. Mau Cepat Jadi Miliarder? Begini Caranya

Jeff Bezos
Jeff Bezos, salah satu orang terkaya dunia. (Kevin Wolf/AP Images for Human Rights Campaign)

Seorang akuntan dan perencana keuangan Tom Corley membeberkan jalan tercepat bagi Anda yang ingin jadi miliarder. Formula ini ditelitinya dalam Rich Habits yang dilakukan selama 5 tahun terhadap 233 responden (orang kaya).

Mengutip laman CNBC Make It, Jumar (29/11/2019), setidaknya ada 4 jalur untuk menjadi miliarder.

Pertama, jalur penabung dan investasi. Mau apapun pekerjaan Anda, Anda bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung dan diinvestasikan secara rutin per hari. Memang waktunya akan lama, namun jika konsisten, hasilnya akan cukup untuk membantu keuangan di kemudian hari.

Kedua, jalur pendaki perusahaan. Anda yang ambisius bisa bekerja keras dan mendapat lobi dari atasan hingga mencapai jabatan atau posisi tertentu yang gajinya lebih tinggi. Atau mungkin pindah ke tempat kerja yang dinilai benefitnya lebih besar. Meski demikian, jalur ini juga memakan waktu lama.

Baca artikel selengkapnya di sini

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓