Resmi Berbayar, Ini Beragam Cara Beli Tiket LRT Jakarta

Oleh Athika Rahma pada 01 Des 2019, 10:48 WIB
Diperbarui 01 Des 2019, 10:48 WIB
LRT Jakarta
Perbesar
Rangkaian kereta LRT melintas di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Moda transportasi massal Light Rail Transit atau LRT Jakarta akan beroperasi komersial per 1 Desember 2019 dengan tarif yang ditetapkan sebesar Rp5.000 untuk sekali perjalanan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) resmi beroperasi secara komersial hari ini, Minggu (1/12/2019). Tarif per perjalanan yang dikenakan kepada penumpang ialah Rp 5 ribu, baik jarak dekat maupun jauh.

Untuk menjajalnya, ada beragam cara yang bisa dilakukan. Mengutip salah satu postingan akun Instagram LRT Jakarta @lrtjkt, Penumpang bisa menggunakan Kartu Single Journey Trip seharga Rp 20 ribu dengan rincian tiket sebesar Rp 5 ribu dan jaminan kartu sebesar Rp 15 ribu yang berlaku 7 hari.

Penumpang juga bisa menggunakan kartu JakLingko, e-money, kartu Flazz, TapCash, Brizzi dan Jakcard dengan minimal saldo Rp 8.500.

Sebelumnya, pihak LRT Jakarta telah membuat pengumuman lewat Instagram @lrtjkt terkait penerapan tarif ini. Dalam cerita yang dibagikan admin @lrtjkt berbentuk video, disampaikan bahwa mulai hari ini LRT akan berbayar satu kali perjalanan.

"Mulai hari ini, naik LRT Jakarta akan berlaku tarif Rp 5 ribu satu kali perjalanan," demikian dikutip Liputan6.com, Minggu (01/11/2019).

LRT Jakarta rute Stasiun Pegangsaan Dua - Stasiun Velodrome dan sebaliknya telah terintegrasi dengan Halte Transjakarta. Penumpang yang turun di Stasiun Pulomas dapat melanjutkan ke Halte Transjakarta Pulomas, sedangkan penumpang yang turun di Stasiun Velodrome dapat melanjutkan perjalanan ke Halte Transjakarta Pemuda Rawamangun.

 

2 dari 2 halaman

Seremonial Sederhana

LRT Jakarta
Perbesar
Penumpang menaiki Kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Moda transportasi massal LRT Jakarta akan beroperasi komersial per 1 Desember 2019 dengan tarif Rp5.000 untuk sekali perjalanan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sementara untuk meresmikan operasi komersial LRT, Corporate Communication Manager PT LRT Jakarta Melisa Suciati menyatakan peresmiannya hanya berbentuk seremonial sederhana saja.

"Kita seremoni sudah berkali-kali, setiap acara kita juga undang media, kita umumkan ke masyarakat. Sebenarnya esensinya kan untuk memberitahu masyarakat bahwa ini sudah bisa digunakan," kata Melisa kepada Liputan6.com, Minggu (24/11/2019).

Sejak dioperasikan untuk publik secara gratis pada 11 Juni lalu, LRT sudah mengangkut kurang lebih 1 juta penumpang.

Lanjutkan Membaca ↓