Sukses

Begini Cara Elon Musk Ungkap Kejujuran Pelamar Kerja

Elon Musk akan menanyakan pertanyaan menjebak ini untuk mengetahui kejujuran pelamar di perusahaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang akan bersiap untuk melakukan wawancara kerja. Mulai dari materi profesional hingga kesiapan mental termasuk kejujuran.

Meski ada beberapa yang bisa memalsukan pendapat atau sikapnya saat wawancara, Elon Musk, miliarder pemilik Tesla ternyata punya jurus jitu untuk mengetahui kejujuran pelamar kerja.

Seperti yang kita ketahui, sikap jujur merupakan salah satu nilai tambah bagi calon karyawan. Namun hal tersebut harus dipupuk dan benar-benar berasal dari hati, bukan keterpaksaan demi pekerjaan semata.

Mengutip laman CNBC, Senin (2/12/2019), Elon Musk akan menanyakan pertanyaan menjebak ini untuk mengetahui kejujuran pelamar di perusahaannya.

"Apa masalah-masalah tersulit yang Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?" demikian salah satu pertanyaan sang miliarder kepada para pencari kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerminan Mengatasi Masalah Perusahaan

Menurut Musk, pertanyaan tersebut mencerminkan bagaimana seseorang bisa dipercaya untuk menemukan solusi dari masalah perusahaan.

"Jika dia benar-benar menjelaskan segalanya dengan gamblang dan detil, artinya dia benar-benar siap dengan masalah yang dihadapinya," ujar Musk.

Sebaliknya jika jawabannya sangat formal dan sedikit, maka si pelamar dinilai kesulitan menjawab jujur tentang sikapnya menghadapi masalah, alias menjawab hanya pura-pura saja demi wawancara kerja. Itu artinya, dirinya tidak siap jika mendapat musibah suatu saat nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.