Kenangan Rina Ciputra tentang Sosok Ayah yang Sederhana

Oleh Liputan6.com pada 28 Nov 2019, 15:13 WIB
Diperbarui 28 Nov 2019, 15:13 WIB
Keluarga Ciputra melakukan konferensi pers di  Ciputra Word I, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).
Perbesar
Keluarga Ciputra melakukan konferensi pers di Ciputra Word I, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Rina Ciputra Sastrawinata, tak kuasa menahan tangis atas kepergian sang ayah, yakni Ir Ciputra, menuju peristirahatan terakhir. Pendiri Ciputra Group tersebut mengembuskan nafas terakhir di Singapura pada Rabu, 27 November 2019 sekitar pukul 01.05 waktu setempat.

Rina mengaku sangat terpukul atas kepergian sang ayah. Bagi Rina, Ciputra sudah menjadi role model sosok motivator dan juga inspirator tak hanya di lingkungan keluarga, namun juga di lingkungan Ciputra Group.

Dirinya pun banyak belajar dari ayahnya. Sosok ayah, di mata Rina merupakan seorang yang sederhana, pekerja keras, dan tidak pernah mengeluh sedikit pun. Terlebih sang ayah juga selalu mengajarkan prinsip-prinsip kejujuran kepada anak-anaknya.

"Kami banyak belajar dari ayah kami, kami selaku anak anak dan juga cucu-cucu akan terus pertahankan nilai-nilai hidup yang sudah ditanamkan pada kami semua sejak kami masih kecil," kata Rina saat melakukan konferensi pers di tempat persemayaman sang ayah, Ciputra Word I, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

RIna bercerita, selama masa hidup, ayahnya selalu memposisikan dirinya sebagai kreatif navigator sekaligus menjadi mentor untuk memberikan arahan kepada anak-anaknya. Upaya itu kerap dilakukan untuk memastikan keberlangsungan bisnis daripada Ciputra Group.

"Kami sebagai generasi penerus berkomitmen untuk terus pertahankan dan memelihara delegasi dari Pak Ciputra. Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah dan masyarakat luas Indonesia serta para dokter dan medis rumah sakit kerabat dan kolega dan semua pihak telah berikan dukungan kepada ayah kami sampai pada akhir hayatnya," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Tiba di Jakarta, Jenazah Ciputra Disemayamkan di Artpreneur Ciputra

Karangan bunga tanda duka cita meninggalnya pengusaha Ciputra di  Artepreneur Ciputra Word 1, Kuningan Jakarta. Merdeka.com/Dwi Aditya
Perbesar
Karangan bunga tanda duka cita meninggalnya pengusaha Ciputra di Artepreneur Ciputra Word 1, Kuningan Jakarta. Merdeka.com/Dwi Aditya

Jenazah Konglomerat properti Ciputra telah tiba di Artepreneur Ciputra Word 1, Kuningan Jakarta, pada hari ini. Rencananya jenazah tersebut akan disemayamkan sementara di lantai 13 Ciputra Word 1, sebelum nantinya akan dimakamkan pada pekan depan.

Pantauan Merdeka.com, Kamis (28/11/2019), lokasi persemayaman dijaga ketat sejumlah petugas penjaga keamanan. Beberapa karyawan juga tampak mulai berdatangan untuk mengikuti prosesi persemayaman. 

Berbagai karangan bunga ikut membanjiri di depan lokasi Ciputra Word I. Sebagian besar berasal dari instansi dan perusahaan. Sementara, di depan lokasi pintu tempat persemayaman, karangan bunga dari Presiden Joko Widodo ikut ambil bagian.

Tak hanya dari Jokowi, sejumlah karangan bunga lainnya berasal dari beberapa menteri Kabinet Indonesia maju. Diantaranya adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selain itu ada juga dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Sebelumnya, Pihak keluarga mengabarkan, jenazah akan tiba paling cepat di Jakarta pada Rabu malam. Jenazah akan disemayamkan di P10 Ciputra Artpreneur. 

Bani, sopir keluarga Ciputra mengatakan, almarhum Ciputra nantinya akan dikebumikan di pemakaman keluarga yang berada di Jonggol, Kabupaten Bogor.

"Disemayamkan di sini, nanti dimakamkan di Citra Indah Jonggol. Di pemakaman keluarga. Itu di Jonggol, di Citra Indah Jonggol," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓