Sukses

Ciputra Pernah Ingatkan Politisi Golkar Ini Jika Hidup di Dunia Tak Lama

Bagi, Agung Laksono, Ciputra bukan hanya sebagai enterpreneur atau pengusaha, tapi juga menjadi sosok inspiratif.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi Partai Golkar, Agung Laksono menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya kolongmerat properti Ciputra. Hal itu disampaikan usai dirinya melayat ke tempat persemayaman Ciputra, di Artepreneur Ciputra Word 1, Kuningan Jakarta, Kamis (28/11/2019).

"Selaku teman Almarhum Ir Ciputra turut berduka cita sedalam-dalamnya. Beliau meninggal dalam usia 88 tahun," katanya usai ditemui di lokasi.

Agung mengisahkan dirinya mengenal betul sosok Ciputra sejak dirinya masih aktif bergabung di organisasi Partai Golkar Jakarta. Bagi, Agung, Ciputra bukan hanya sebagai enterpreneur atau pengusaha, tapi juga menjadi sosok inspiratif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Jadi bukan hanya keluarganya kehilangan atau perusahaan kehilangan, tapi bangsa Indonesia juga kehilangan serorang tokoh yang menginspirasi. Bagaimana beliau bukan pejabat negara, bukan pegawai negeri, tapi dari kalangan swasta yang kontribusi buat pembangunan negara begitu besar. Karyanya dalam gedung-gedung saya kira apapun harus kita apresiasi," jelas Agung.

Ada salah satu pesan yang cukup diingat oleh dirinya. Beberapa kali, dirinya mengaku kerap diingatkan oleh Ciputra bahwa hidup di dunia itu tidak akan lama. Sebisa mungkin, dalam waktu yang tidak lama ada hal yang mesti dilakukan.

"Beliau selalu mengatakan bahwa kita ini hidup tidak lama. Harus dalam waktu yang singkat banyak berbuat. Saya kira beliau sering katakan seperti itu dan dia mencontohkan," imbuhnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

SumberL Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciputra Akan Dikebumikan di Jonggol, Bogor

Pengusaha Ciputra meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019) dini hari. Rencananya, almarhum akan dikebumikan di pemakaman keluarga di kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor.

""Disemayamkan di sini (di rumah duka, Jakarta), nanti dimakamkan di Citra Indah Jonggol. Di pemakaman keluarga. Itu di Jonggol, di Citra Indah Jonggol," ujar Bani, sopir keluarga Ciputra kepada Liputan6.com saat ditemui di dekat rumah duka, Jakarta, Rabu (27/11/2019). 

Sebagai informasi, posisi rumah duka terletak di kawasan Bukit Golf Pondok Indah, Jakarta Selatan. Selain almarhum, kediaman anak-anaknya juga berdiri mengelilingi rumah duka.

Bani mengatakan, dirinya memang diberi titah oleh keluarga untuk menginformasikan bahwa jenazah saat ini belum datang di rumah duka. Begitu juga dengan mayoritas keluarga yang masih mengurusi proses pemulangan Ciputra ke Indonesia.

"Sekarang masih di Singapura untuk pengurusan surat-surat. Kan, prosedur dari Singapura enggak bisa langsung dibawa. Kan, harus ke KBRI dulu, ke kedutaan," jelas dia.

Meski belum tiba di Tanah Air, deretan karangan bunga tanda dukacita telah datang di kediaman Ciputra. Seperti dari Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Bank Mandiri.

Lebih lanjut, Bani mengabarkan, jenazah Ciputra akan tiba di rumah duka di Jakarta paling cepat Kamis besok. Namun demikian, ia belum tahu kapan waktu pastinya.

"Kita belum tahu (kapan waktu pasti jenazah tiba di rumah duka). Belum tahu pasti kita, cuman informasi aja, paling cepat besok," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.