Sukses

Pendiri Lippo Mochtar Riady Ungkap Jasa Besar Ciputra untuk Indonesia

PT Pembangunan Jaya merupakan salah satu perusahaan yang didirikan oleh Ciputra.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady, mengapresiasi jasa besar pengusaha properti Ciputra atas perannya dalam membangun Indonesia.

Meski berstatus sebagai rival pada sektor industri properti dalam negeri, ia tak mau menafikan sumbangsih Ciputra yang telah bantu membangun perekonomian Indonesia.

"Ini orang luar biasa. Yang perlu kita menghormati dia adalah dia sudah berjasa dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Dia juga begitu besar jasanya di dalam pembangunan (dan) pendidikan," ujar dia di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Seperti diketahui, pengusaha Ciputra meninggal dunia pada Rabu dini hari kemarin di Singapura. Saat ini, jenazahnya tengah disemayamkan di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

PT Pembangunan Jaya merupakan salah satu perusahaan yang didirikan oleh pria yang akrab disapa Pak Ci ini. Saat ini jaringan bisnis Ciputra sudah menggurita.

Di sektor properti atau real estate, Ciputra telah membangun jaringan dari Indonesia bagian barat hingga bagian dari umur. Selama tiga dekade terakhir, Ciputra Group telah berhasil mengembangkan proyek perumahan di 33 kota di Indonesia.

Tak hanya itu, jaringan properti Pak Ci juga menjalar hingga ke luar negeri. Ciputra Group telah menjadi perusahaan global.

Melalui kemitraan, Ciputra Group telah berkembang pesat di Vietnam (Ciputra Hanoi International City), Kamboja (Grand Phnom Penh International City), hingga India dan China (Grand Shenyang International City).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciputra Akan Dikebumikan di Jonggol, Bogor

Pengusaha Ciputra meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019) dini hari. Rencananya, almarhum akan dikebumikan di pemakaman keluarga di kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor.

""Disemayamkan di sini (di rumah duka, Jakarta), nanti dimakamkan di Citra Indah Jonggol. Di pemakaman keluarga. Itu di Jonggol, di Citra Indah Jonggol," ujar Bani, sopir keluarga Ciputra kepada Liputan6.com saat ditemui di dekat rumah duka, Jakarta, Rabu (27/11/2019). 

Sebagai informasi, posisi rumah duka terletak di kawasan Bukit Golf Pondok Indah, Jakarta Selatan. Selain almarhum, kediaman anak-anaknya juga berdiri mengelilingi rumah duka.

Bani mengatakan, dirinya memang diberi titah oleh keluarga untuk menginformasikan bahwa jenazah saat ini belum datang di rumah duka. Begitu juga dengan mayoritas keluarga yang masih mengurusi proses pemulangan Ciputra ke Indonesia.

"Sekarang masih di Singapura untuk pengurusan surat-surat. Kan, prosedur dari Singapura enggak bisa langsung dibawa. Kan, harus ke KBRI dulu, ke kedutaan," jelas dia.

Meski belum tiba di Tanah Air, deretan karangan bunga tanda dukacita telah datang di kediaman Ciputra. Seperti dari Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Bank Mandiri.

Lebih lanjut, Bani mengabarkan, jenazah Ciputra akan tiba di rumah duka di Jakarta paling cepat Kamis besok. Namun demikian, ia belum tahu kapan waktu pastinya.

"Kita belum tahu (kapan waktu pasti jenazah tiba di rumah duka). Belum tahu pasti kita, cuman informasi aja, paling cepat besok," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini