Sukses

Sri Mulyani Curhat Semua Kementerian Minta Anggaran Naik

Kata Sri Mulyani, semua kementerian memiliki tujuan dan fungsi yang sangat penting bagi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, setiap saat selalu mendapat curhatan dari berbagai kementerian dan lembaga mengenai kekurangan anggaran. Bahkan, beberapa kementerian mengaku lebih penting dibandingkan dengan kementerian lainnya.

"Ada yang minta senjata kita bagus, polisi minta gajinya dinaikkan, supaya dia tertib, semua itu kebutuhan. Itu yang saya dengar sebagai menteri keuangan, everybody says penting. Padahal semuanya itu penting, sosial itu penting, kesehatan penting, pendidikan penting," ujarnya di Kampus UI, Depok, Rabu (27/11/2019).

Pada dasarnya, kata Sri Mulyani, semua kementerian memiliki tujuan dan fungsi yang sangat penting bagi Indonesia. Termasuk kementerian yang dipimpin oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Apalagi ada mas Nadiem sekarang, penting banget, PUPR penting, Pak Prabowo penting banget, jadi semua orang itu bilang penting. Kalau saya sudah tidak lagi terlalu sensitif lagi dengan kata penting, karena semua penting," papar Sri Mulyani.

Oleh karena semua penting, maka dalam penyusunan anggaran dan kebijakan fiskal, pemerintah melakukan penyaluran secara hati-hati dan tepat sasaran. Kebijakan fiskal terus dijaga kesehatan dan kredibilitasnya agar sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

"APBN itu banyak tujuannya, sementara penerimaan negara tidak selalu sama, selalu berubah. Oleh karena itu, ekonomi harus bisa tetap tumbuh sehat dan tumbuh merata, agar tercapai kemakmuran itu dan bisa dinikmati nanti melalui pemerataan lapangan pekerjaan. Cara untuk mencapai itu bisa dilakukan melalui APBN, dan tidak statis," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani Ingatkan Para Menteri Laporkan Kebutuhan Anggaran 2020

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengingatkan agar seluruh pos kementerian yang diisi oleh menteri baru dapat segera melaporkan kebutuhan anggarannya untuk di 2020. Mengingat tinggal beberapa bulan lagi tahun buku anggaran 2019 segera ditutup.

"Kita langsung sampaikan bapak ibu menteri, 2020 tinggal 2 bulan dan dokumen anggaran sampaikan di November," kata Sri Mulyani saat ditemui di Jakarta, Kamis (31/10).

Sri Mulyani menyampaikan dua bulan ini memang menjadi paling krusial, karena biasanya belanja dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengalami akselerasi. 

Sehingga dalam hal ini perlu ditekankan agar kemudian setiap kementerian memiliki tanggung jawab terhadap anggarannya masing-masing.

"Kemarin karena ada kabinet baru kita langsung agenda pertama adalah rapat untuk berikan briefing terutama menteri baru mengenai tanggung jawab mereka untuk jaga agar momentum akselerasi budget eksekusi 2019 bisa jalan dan juga untuk 2020," jelas dia.

"Apalagi banyak menteri muda ide banyak, make sure ide itu tidak terjadi slowdown dari sisi belanja. Jangan sampai kita lagi banyak inisiatif tapi yang di tangan tidak dieksekusi. ini jadi tantangan," sambung Sri Mulyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini