Harapan Kemenko Maritim dan Investasi ke Komisaris Baru Pertamina

Oleh Liputan6.com pada 26 Nov 2019, 18:45 WIB
Diperbarui 26 Nov 2019, 18:45 WIB
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero)
Perbesar
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya jajaran dewan komisaris baru PT Pertamina (Persero). Diharapkan kehadiran dewan komisaris baru dapat mendorong kebangkitan perusahaan minyak pelat merah tersebut.

Diketahui, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) terjadi perombakan tiga komisaris Pertamina. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diangkat menjadi Komisaris Utama (Komut) menggantikan Tanri Abeng.

Selain Ahok, Budi Gunadi Sadikin pun diangkat menjadi Wakil Komisaris Utama menggantikan Arcandra Tahar. Sementara mantan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen (Pol) Condro Kirono diangkat sebagai Komisaris menggantikan Gatot Trihargo.

"Pertamina sekarang sudah mendapatkan Komisaris Baru. Kita berharap ada satu kebangkitan," kata Asisten Deputi Sumber Daya Mineral, Energi, dan Nonkonvensional Kemenko Maritim dan Investasi, Amalyos, dalam 'Pertamina Energy Forum, di Hotel Raffles, Jakarta, Selasa (26/11).

Pihaknya berharap, kehadiran jajaran komisaris baru tersebut dapat mendukung terciptanya kerja sama dengan pemerintah dalam upaya mendorong kemandirian energi.

Ke depan, lanjut dia, Pemerintah akan terus berusaha untuk mendorong peningkatan kinerja ekspor Indonesia. Selain itu, Pemerintah juga bakal mendorong subsitusi impor.

"Selamat kepada Pertamina yang sudah mendapatkan komisaris barunya. Kita harap kita bisa bekerja sama," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selain Ahok, Jenderal Polisi Ini juga Jadi Komisaris Pertamina

Fajar Abrori/Liputan6.com
Perbesar
Kapolda Jateng Condro Kirono (Fajar Abrori/Liputan6.com)

Menteri BUMN Erick Thohir turut menunjuk Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Condro Kirono sebagai salah satu Komisaris Pertamina di bawah pimpinan Ahok sebagai Komisaris Utama.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan, Komjen Pol Condro akan membantu Ahok memperkuat pengawasan internal dari sisi hukum.

"Jadi komisaris baru Condro Kirono itu sebagai pendekatan dari segi hukum, seperti kata Pak Menteri, komisaris harus diperkuat," ujar Arya saat ditemui di Kementerian BUMN, Senin (25/11/2019).

Nantinya, pengawasan komisaris akan menggantikan fungsi pengawasan kementerian yang bersifat day-to-day. Diharapkan, jajaran komisaris yang kuat akan membantu Pertamina berkinerja lebih baik dan lebih bersih.

"Pokoknya semua hal yang berpotensi menimbulkan fraud akan diawasi," ujar Arya.

Sebagai informasi, kehadiran Komjen Pol Condro akan menggantikan posisi Gatot Trihargo, mantan deputi Kementerian BUMN yang kini telah menjadi wadirut Bulog.

Saat ini, Condro mengemban amanat sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Sebelumnya, lulusan Akpol 1984 ini merupakan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri. Ia digantikan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 Inspektur Jenderal (Polisi) Firli Bahuri. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ahok Jadi Komut, Simak Susunan Lengkap Direksi dan Komisaris Baru Pertamina

Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina
Perbesar
Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan dan mengangkat 1 direksi dan 3 komisaris baru PT Pertamina (Persero). Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) untuk komisaris Nomor 282/MBU/11/2019 dan Direksi melalui SK Nomor 283/MBU/11/2019.

Dengan ditetapkannya SK tersebut maka posisi Direktur Keuangan Pertamina saat ini diemban oleh Emma Sri Martani yang sebelumnya menjadi Direktur Utama Telkomsel. Emma menggantikan Pahala Mansury yang kini ditunjuk sebagai Direktur Bank Tabungan Negara (BTN).

Kemudian untuk Komisaris Utama PT Pertamina ditempati oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok menggantikan posisi sebelumnya yang ditempati oleh Tantri Abeng.

Kemudian, untuk Budi Gunadi Sadikin ditetapkan sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina, menggantikan Arcandra Tahar. Lalu ada juga Condro Kirono yang dotetapkak sebagai komisaris baru menggantikan Gatot Trihargo.

"Jadi tadi sekitar jam 10 udah diadakan penyerahan keputusan dari menteri BUMN selaku RUPSLB ya PT Pertamina tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota direksi maupun dewan komisaris PT Pertamina. Untuk Pertamina ditetapkan 1 direktur dan 3 komisaris baru," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11/2019). 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Susunan Komisaris dan Direksi

Keren, Video Raksasa Asian Games 2018 Hiasi Gedung Pertamina
Perbesar
Maskot Asian Games 2018, Bhin-Bhin terpampang di video mapping atau layar bergerak di Gedung Utama Pertamina, Jakarta, Kamis (5/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Dengan demikian maka berikut susunan Komisaris dan Direksi PT Pertamina yang baru :

Jajaran Komisaris Baru Pertamina

- Komisaris Utama: Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

- Wakil Komisaris Utama : Budi Gunadi Sadikin

- Komisaris : Condro Kirono

- Komisaris : Ego Syahrial

- Komisaris : Suahasil Nazara

- Komisaris : Alexander Lay

 

Jajaran Direksi Baru Pertamina

- Direktur Utama : Nicke Widyawati

- Direktur Keuangan : Emma Sri Hartini

- Direktur Hulu : Dharmawan Samsu

- Direktur Pengolahan : Budi Santoso Syarif

- Direktur Pemasaran Koorporat: Basuki Trikora Putra

- Direktur Pemasaran Ritel: Mas'ud Khamid

- Direktur Logistik Supplay Chain dan Infrastruktur : Gandhi Sriwidodo

- Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ignatius Tallulembang

- Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko : Heru Setiawan

- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM): Koeshartanto

- Direktur Manajemen Aset: M Haryo Yunianto 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓