Sukses

Dirjen Pajak Suryo Utomo: Anak-Anak Harus Sudah Dikenalkan dengan Pajak

Rangkaian kegiatan Pajak Bertutur tahun ini dilaksanakan secara serentak mulai Jumat 22 November 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak merayakan Hari Guru Nasional 2019 melalui kegiatan Pajak Bertutur yang diselenggarakan di Kantor Pusat DJP, Jakarta. Pada acara ini DJP menyerahkan penghargaan Edutax Award kepada para pihak yang telah membantu atau berperan dalam upaya menumbuhkan kesadaran pajak di lingkup nasional.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan, pajak bertutur merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan pajak terhadap pelajar SD, SMP dan SMA serta mahasiswa. Pengenalan pajak tersebut dilakukan dengan menyisipkan perpajakan terhadap mata pelajaran maupun perkualiahan.

"Anak-anak ini perlu dikenalkan mengenai pajak. Tidak mendalam karena itu dipelajari oleh mahasiswa dengan jurusan tertentu. Tapi mahasiswa dengan disiplin ilmu berbeda ini perlu tahu, pajak itu apa dan gunanya apa, untuk pembangunan nasional," ujarnya di Kantor Pajak, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Rangkaian kegiatan Pajak Bertutur tahun ini dilaksanakan secara serentak mulai Jumat 22 November 2019. Dengan mengusung tema “Guru, Baktimu Tiada Tara”, kegiatan Pajak Bertutur 2019 dilaksanakan oleh 1760 pegawai di KPP dan KP2KP seluruh Indonesia melalui kegiatan mengajar nilai-nilai kesadaran pajak di seluruh Indonesia kepada peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi.

Di tingkat Kanwil DJP kegiatan yang diselenggarakan adalah gathering untuk memberi apresiasi dan penghargaan kepada para pemangku kepentingan pendidikan yang telah bekerjasama dalam menyukseskan program inklusi kesadaran pajak di wilayah kerja masing-masing.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejak 2017

Pajak Bertutur merupakan bagian dari Gerakan Sadar Pajak yang telah berjalan sejak tahun 2017 dengan tujuan untuk menumbuhkan literasi pajak melalui edukasi kepada para peserta didik di seluruh jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Untuk itu DJP menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dukungan dan kerja sama semua pihak yang telah mendukung upaya pembangunan kesadaran pajak untuk meningkatkan literasi dan kepatuhan pajak masyarakat Indonesia.

Selain penyerahan penghargaan Edutax Award, 350 peserta kegiatan Pajak Bertutur hari ini juga engikuti kuliah umum dari Marsekal Muda TNI Sungkono dari Dewan Ketahanan Nasional ang membahas mengenai bagaimana pajak dapat dipahami sebagai salah satu perwujudan dari bela negara rakyat Indonesia.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.