Sukses

KKP Targetkan Ekspor Perikanan Capai USD 6 Miliar di 2020

Ada lima komoditas utama ekspor Indonesia yang sejauh ini masih menjadi andalan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan ekspor di sektor perikanan pada 2020 sebesar USD 6 miliar. Angka ini meningkat dari target ekspor ikan pada tahun ini yang mencapai USD 5,5 miliar.

"Tahun depan targetnya USD 6 miliar. Muah-mudahan bisa tercapai," ujar Direktur Pemasaran KKP, Machmud di Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Machmud mengatakan, ada lima komoditas utama ekspor Indonesia yang sejauh ini masih menjadi andalan pemerintah. Diantaranya adalah udang, ikan tuna cangkalang, rajungan kepiting, cumi sotong gurita, dan rumput laut.

"Itu punya kita semua. Share kita juga udah lumayan bagus di dunia," ujarnya.

Adapun negara tujuan ekspor utama tetap berada di Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan Jepang. Namun dari ketiga negara tersebut diakuinya secara pertumbuhan masih stagnan. Dirinya pun membuka peluang untuk membuka pasar-pasar baru di 2020.

"Tapi kita akan buka pasar-pasar baru, seperti Tiongkok, Timur Tengah, Afrika. Itu yg pertumbuhan penduduknya tinggi ada yang 2 persen. Itu ada peluang pasar kita di sana," jelas dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesaing Ketat

Di samping itu, Machmud mengakui kinerja ekspor Indonesia di negara-negara Asia masih mendapatkan persaingan cukup ketat. Diantaranya ada Thailand, Vietnam, dan Filipina. Menurutnya ketiga negara tersebut memang menjadi negara produsen ikan.

"Makanya Jokowi menekankan ke budidaya. Karena budidaya adalah raksasa yang tidur," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.